Asal Usul Nama Jombang Yang Dulu Menyatu Dengan Mojokerto

asal usul jombang
Sejarah Asal Usul Nama Kabupaten Jombang.

4. Ketika Jombang menjadi Kabupaten pada tahun 1910

Bupati pertama RAA. Soero Adiningrat V. Kabupaten Jombang tetap berlangsung sampai sekarang ini. Pilihan ini lebih sesuai untuk menetapkan Ulang Tahun Kabupaten Jombang, bukan Hari Jadi Jombang, sebagai tanah leluhur. Kelemahannya sama dengan Afdeeling, pembentukan Kabupaten Jombang didasarkan kebijakan Pemerintah Kolonial, agar kontrol pemerintahan mereka lebih efektif.

Bacaan Lainnya

Saat ini mulai muncul wacana, bahwa pembentukan Kabupaten Jombang bukan pada tahun 1910, melainkan pada tahun 1888. Bupati pertama tertulis, RAA Soero Adiningrat V, tetapi yang melaksanakan sebenarnya R. Badrun, saudaranya. Bahkan foto yang terpampang sebagai Bupati I Jombang adalah foto R. Badrun.

Hal ini bisa terjadi karena Pemerintah Kolonial Belanda menganggap RAA Soero Adingrat V selalu melawan pemerintah dengan dibantu R. Djamilun, adiknya. Bukti otentik yang ada dihilangkan dan disesuaikan dengan kepentingan pemerintah kolonial pada waktu itu. Wacana ini belum menjadi kebenaran, namun bisa dimulai sebagai salah satu pijakan untuk berupaya membuktikan dengan penelitian sejarah berlandaskan kajian akademis yang matang.(pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *