Tagana Jombang Produksi Jamu Sehat Untuk Masyarakat Jombang Secara Gratis

tagana jombang
Terlihat sejumlah warga antri untuk mendapatkan jamu sehat di Dapur Tagana Jombang.

JOMBANG, WartaJombang.com — Tagana Kabupaten Jombang memproduksi jamu sehat ramuan tradisional racikan Imam Subata, Kepala Desa Ceweng dalam jumlah banyak untuk dikonsumsi para isoman yang ada di Rumah Sehat, Selasa (03/08/21).

Seperti kita tahu, ditengah pandemi Covid-19 salah satu desa di Kecamatan Diwek ini telah membuat jamu tradisional berbahan rempah-rempah. Jamu tradisional ini sengaja diproduksinya untuk warga desa yang terpapar Covid-19, dan diberikan secara cuma-cuma. Kini sesuai resep tersebut Tagana Kabupaten Jombang memproduksinya dalam jumlah banyak, dan akan diberikan cuma cuma kepada seluruh pasien covid 19 yang tengah menjalani isolasi terpusat di Rumah Sehat juga masyarakat.

Bacaan Lainnya

Nampak beberapa orang yang tengah sibuk menyiapkan bahan-bahan,mengupas, mencuci hingga memasak rajikan jamu tradisional tersebut di dapur umum jamu sehat Tagana Pemkab Jombang yang ada di Rumah Pelayanan Sosial Dinas Sosial yang ada di Candi Mulyo Kecamatan Jombang. Bau sedap rempah-rempah juga langsung menyeruak. 

Berbagai macam rempah-rempah yang diolah diantaranya  jahe, kencur hingga dedaunan. ”Ini bahan untuk jamu yang akan kita buat resep dari pak Imam Subata, Kades Ceweng, pembuatannya juga cukup mudah”, tutur Mukhlis petugas Tagana yang tengah memasak.

Bahan racikan jamu dari alam ini, konon adalah resep turun-temurun yang sudah dipercaya untuk menjaga kesehatan tubuh. ”Bahannya jahe, kencur, daun jambu air 2 lembar, daun pandan 1 lembar, daun srikaya 25 lembar, kapulaga dan gula aren,” tambahnya.

Pertama-tama bahan baku rempah dibersihkan. Untuk bahan dari daun-daun berkhasiat direbus dengan air. Untuk pembuatan 1 liter jamu ini bahannya Jahe 15 gr, Kencur 15gr dan kapulaga 5 butir, terlebih dahulu diblender. ”Jahe dan kencur itu dipotong kecil-kecil dulu, setelah itu diblender sampai halus bersama kapulaga,” imbuhnya.

Setelah siap, rempah halus itu ikut dimasukkan dalam panci. Untuk menambah rasa manis, gula aren juga ditambahkan secukupnya. Seluruh bahan itu kemudian direbus hingga air mendidih untuk kemudian disaring.(aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *