Pemkab Jombang Berikan Tali Asih Veteran dan Ziarah ke Makam di Momen Hari Pahlawan

peringatan hari pahlawan
Inspektur Upacara adalah Dandim 0814 Jombang, Letkol Kav Devid Eko Junanto.

Warta Jombang — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, secara simbolis memberikan tali asih dan bingkisan kepada 14 orang Veteran pada (10/11/2023), dilapangan Pemkab Jombang. Pemberian tali asih dan bingkisan tersebut, diberikan pada Upacara Bendera Hari Pahlawan Nasional Ke 78 yang peringati oleh Bangsa Indonesia setiap tanggal 10 November.

Selaku Inspektur Upacara adalah Dandim 0814 Jombang, Letkol Kav Devid Eko Junanto. Hadir dan mengikuti upacara tersebut para Veteran, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jombang, Sekdakab Jombang, para Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang, Camat, Ketua Organisasi Wanita, Korpri, TNI, Polri, Organisasi Masyarakat dan Pemuda, pelajar juga Pramuka

Bacaan Lainnya

“Pemberian tali asih ini sebagai salah satu bentuk penghargaan kami kepada para veteran, terlebih hari ini juga bersamaan dengan momentum Hari Pahlawan Nasional Tahun 2023,” tutur Sekdakab Jombang Agus Purnomo usai Upacara, sambil mengunjungi kegiatan Bakti Sosial Donor Darah yang difasilitasi UTD PMI Jombang di taman depan Kantor BKPSDM Jombang.

Lebih lanjut disampaikan, pemberian tali asih juga sebagai bentuk upaya pemerintah untuk selalu menghargai jasa para pahlawan, khususnya para veteran di Kabupaten Jombang.

“Apa yang Pemerintah berikan ini tentu tidak sebanding dengan apa yang telah perjuangkan oleh para veteran, namun demikian kami selalu berharap agar tali asih ini dapat bermanfaat,” ungkap Agus Purnomo.

Hari Pahlawan tahun ini mengusung tema ‘‘Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan Dan Kebodohan’’. Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

Dalam amanatnya, Dandim 0814 Jombang membacakan Sambutan dari Menteri Sosial RI. Tri Rismaharini. Antara lain mengajak generasi bangsa untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara.

“Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan”, tuturnya.

“Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri. Bersama, mari kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera”, tandasnya.

“Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur mendahului kita”, pungkas Dandim 0814 mengakhiri sambutannya.

Rangkaian Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan di Kabupaten Jombang diakhiri dengan ziarah tabur bunga ke makam para Pahlawan yang ada di Kusuma Bangsa, Tambak Beras dan Tebuireng. (dan/pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *