Penderita Diabetes, Ini Yang Sebaiknya Dimakan

diabetes
Kentang salah satu makanan yang banyak mengandung Karbohidrat.(wartajombang.com/pra)

WartaJombang.com — Makan makanan kaya karbohidrat seperti kentang dan sayuran bertepung di pagi hari dapat membantu penderita diabetes menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung, sebuah penelitian menunjukkan. Studi yang baru-baru ini diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, dilakukan oleh para peneliti dari Harbin Medical University di China.

Para peneliti ingin menyelidiki apakah waktu asupan makanan di tiga kali makan dikaitkan dengan umur panjang di antara penderita diabetes. Untuk mengetahuinya, mereka melihat data dari 4.642 pasien yang berpartisipasi dalam Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional dari tahun 2003 hingga 2014. Kebiasaan makan para peserta, berdasarkan kuesioner makanan 24 jam, dibandingkan dengan tingkat penyakit kardiovaskular dan semua menyebabkan kematian dari waktu ke waktu.

Data studi menunjukkan bahwa peserta yang makan sayuran kaya karbohidrat seperti kentang di pagi hari (sarapan) memiliki risiko lebih rendah meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Hasil serupa terlihat pada peserta yang makan biji-bijian di sore hari (makan siang), dan mereka yang makan sayuran berdaun gelap di malam hari (makan malam).

Sebaliknya, makan banyak daging olahan di malam hari dikaitkan dengan risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih tinggi, menurut data.

Temuan menunjukkan bahwa pengaturan waktu nutrisi dapat membantu pasien mencocokkan makanan mereka dengan ritme biologis alami sensitivitas insulin untuk meningkatkan umur panjang mereka.

Qingrao Son, rekan penulis studi dan peneliti di Harbin Medical University, menyarankan bahwa pedoman nutrisi dan strategi intervensi untuk diabetes harus mengintegrasikan waktu konsumsi makanan yang optimal.

Kaitan antara diabetes dan penyakit jantung

Orang dengan diabetes lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung daripada mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut. Hal ini karena glukosa darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan penyakit jantung. 

Selain itu, pasien diabetes lebih cenderung memiliki faktor risiko tertentu, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, yang dapat meningkatkan peluang mereka terkena serangan jantung atau stroke, menurut Institut Nasional dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK). ) yang merupakan bagian dari Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat.

NIDDK menyatakan bahwa orang dewasa dengan diabetes hampir dua kali lebih mungkin dibandingkan orang dewasa tanpa diabetes untuk memiliki penyakit jantung.

Orang dengan diabetes dapat melindungi jantung mereka dengan mengontrol glukosa darah, tekanan darah dan kadar kolesterol. Kelola diabetes Anda untuk menurunkan peluang Anda terkena penyakit jantung atau stroke, saran NIDDK.

Jika Anda merokok, hentikan. Merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke pada penderita diabetes. Ini karena baik merokok maupun diabetes mempersempit pembuluh darah. Selain itu, merokok dapat meningkatkan peluang Anda terkena masalah jangka panjang lainnya seperti penyakit paru-paru.

Penderita diabetes juga harus memeriksakan tekanan darahnya secara teratur. Tekanan darah tinggi dapat membuat jantung tegang, merusak pembuluh darah, dan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, serta masalah mata atau ginjal.

NIDDK juga menyarankan penderita diabetes untuk membatasi jumlah lemak, dan makan lebih banyak makanan nabati, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur untuk meningkatkan kadar kolesterol mereka.

Kadar LDL yang tinggi, sering disebut kolesterol “jahat”, dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Di sisi lain, tingkat HDL yang lebih tinggi, kadang-kadang disebut “kolesterol baik” dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah. (pra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *