7 Manfaat Teh Kembang Sepatu (Hibiscus)

Kembang Sepatu
Teh Kembang Sepatu

GRAFIS, WartaJombang.com — Apakah kembang sepatu hanyalah hiasan warna-warni untuk taman Anda? Mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan kembali. Tanaman berbunga tropis, Hibiscus sabdariffa, juga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Dan rasanya enak. Rasa buah kembang sepatu yang tajam dan manis, membuatnya sempurna untuk teh . Ahli diet terdaftar Beth Czerwony, RD , berbagi beberapa cara kembang sepatu dapat berkontribusi pada gaya hidup sehat.

Apakah kembang sepatu baik untuk Anda?

Selama berabad-abad , orang telah menggunakan biji, bunga, daun dan batang kembang sepatu dalam makanan dan obat tradisional. Saat ini, Anda dapat menemukan selai, jeli, saus, sirup, dan teh rasa kembang sepatu di seluruh dunia.

Bahan ini sangat populer di Afrika Barat, Amerika Tengah dan Selatan dan Karibia. Juga dikenal sebagai rosella atau coklat kemerah-merahan, telah digunakan untuk mengobati segala sesuatu mulai dari tekanan darah tinggi hingga gangguan pencernaan.

Ilmu pengetahuan modern juga mendukung gagasan bahwa obat yang telah teruji waktu ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Tetapi Czerwony memperingatkan bahwa kita memerlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui secara pasti bagaimana suplemen kembang sepatu dapat membantu mengobati kondisi tertentu.

Manfaat kesehatan dari teh kembang sepatu

Jadi, apa sebenarnya kekuatan kembang sepatu? Czerwony menjelaskan beberapa manfaat kesehatannya.

1. Melindungi dengan antioksidan

Tanaman kembang sepatu kaya akan antioksidan seperti beta-karoten, vitamin C dan antosianin. “Makanan kaya antioksidan benar-benar membantu dalam beberapa kondisi kesehatan,” kata Czerwony.

Antioksidan menghancurkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas di dalam tubuh Anda. Radikal bebas menyebabkan kerusakan sel-sel yang berkontribusi terhadap penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes. Sementara tubuh Anda menggunakan antioksidannya sendiri untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas, makanan kaya antioksidan juga dapat berperan dalam mencegah penyakit.

2. Melawan peradangan

Beberapa penelitian pada hewan dan beberapa penelitian kecil pada manusia telah menunjukkan kemampuan kembang sepatu untuk melawan peradangan , kata Czerwony.

Peradangan berperan dalam perkembangan banyak penyakit, termasuk kanker, asma, penyakit Alzheimer, penyakit jantung dan rheumatoid arthritis. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, tampaknya kembang sepatu dapat menawarkan efek anti-inflamasi yang bermanfaat.

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi mempengaruhi hampir setengah dari semua orang dewasa di AS, yang menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung dan penyakit ginjal. Dalam uji klinis, minum teh kembang sepatu telah terbukti menurunkan tekanan darah pada manusia.

Namun, Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif menunjukkan bahwa kembang sepatu dan obat herbal lainnya hanya sedikit menurunkan tekanan darah. Mereka tidak dapat menggantikan obat untuk mereka yang telah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi.

4. Menurunkan kolesterol

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan lain yang mempengaruhi jutaan orang dewasa dan berkontribusi terhadap penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Sementara beberapa studi klinis menunjukkan kembang sepatu menurunkan kadar kolesterol, yang lain menunjukkan sedikit efek.

Czerwony mengatakan kembang sepatu dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat, tetapi sekali lagi, kita perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

5. Mempromosikan penurunan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan dampak positif pada penurunan berat badan , yang dapat membantu mencegah obesitas – tetapi penelitian ini menggunakan ekstrak kembang sepatu, bentuk yang lebih pekat daripada teh kembang sepatu. Czerwony mencatat bahwa kita belum tahu apakah teh kembang sepatu menghasilkan hasil yang sama.

6. Melawan bakteri

Dalam penelitian laboratorium, ekstrak kembang sepatu menjaga jenis bakteri tertentu tetap terkendali. Meskipun kembang sepatu jelas memiliki sifat antibakteri, para peneliti sedang mempelajari efektivitasnya pada manusia.

7. Mendukung kesehatan hati

Hibiscus membantu menjaga kesehatan hati, menurut beberapa penelitian. Ekstrak melindungi hati dari berbagai racun, kemungkinan karena aktivitas antioksidannya yang kuat. Itu bahkan menunjukkan beberapa aktivitas anti-kanker dalam tes laboratorium sel hati.

Apakah kembang sepatu aman?

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menganggap kembang sepatu aman bila dikonsumsi dalam makanan. Namun, ada kemungkinan reaksi alergi terhadap tanaman. Dalam dosis yang sangat tinggi, kembang sepatu dapat menyebabkan kerusakan hati.

“Anda tentu dapat menambahkan kembang sepatu ke dalam makanan Anda dengan aman,” kata Czerwony. Tetapi dia merekomendasikan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda, karena dapat berinteraksi dengan beberapa obat.

Apa cara terbaik untuk mengambil kembang sepatu?

Siap untuk mengambil risiko? Hibiscus tersedia dalam beberapa bentuk:

Teh : Anda dapat membuat teh kembang sepatu dengan merendam kuncup kembang sepatu kering (disebut kelopak) dalam air mendidih. Jika Anda tidak menyukai metode DIY, Anda juga dapat membeli kembang sepatu kering atau kantong teh kembang sepatu.

Bubuk : Anda juga bisa membeli kembang sepatu sebagai bedak, yang terbuat dari bagian tanaman kering yang ditumbuk halus. Campur bubuk dengan air untuk membuat minuman.

Ekstrak : Ekstrak kembang sepatu adalah suplemen berbentuk cair pekat. Anda dapat membelinya dari pengecer makanan kesehatan atau suplemen herbal.

Czerwony merekomendasikan minum teh kembang sepatu daripada bubuk atau ekstrak. “Teh kembang sepatu — baik Anda membelinya sudah jadi, menggunakan kantong teh atau menyeduhnya sendiri dari tanaman kering — adalah yang paling murah dan paling mudah tersedia,” katanya. Dan bubuk dan ekstraknya mungkin berbeda dalam kekuatan dan konsentrasi, jadi Anda mungkin mendapatkan dosis yang terlalu kuat.

Lain kali Anda menemukan diri Anda di tempat Jawa favorit Anda, pertimbangkan untuk melupakan kopi berbusa Anda demi teh kembang sepatu. “Ketika orang bertanya kepada saya tentang teh kembang sepatu,” kata Czerwony, “Saya memberi tahu mereka bahwa minum secangkir teh kembang sepatu setiap hari dapat diterima, dan mungkin bermanfaat.” (sumber : health.clevelandclinic)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *