Bupati Jombang Apresiasi Sinergi Layanan Vaksinasi Influenza Satradar 222

bupati jombang
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat memberikan sambutan pada acara.(wartajombang.com/dka)

JOMBANG — Silaturahmi Bupati Jombang dengan Keluarga Besar Dinas Kesehatan Angkatan Udara dan Satradar 222 Ploso di Kabuh dalam rangkaian acara Flying Specialist Ceramah Kesehatan dan pelaksanaan Vaksinasi Influenza digelar di Gedung Bung Tomo, Kantor Pemkab Jombang, Kamis (03/06/2021) pagi.

Komandan Satradar 222, Letkol Lek Yudi Amrizal, S.ST, MM yang hadir bersama tim Flying Specialist, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih Kepada Pemerintah Kabupaten Jombang terutama Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab yang telah berkenan membuka kegiatan layanan pemeriksaan antigen/swab antigen COVID-19 dan Vaksinasi Influenza dijajaran TNI AU Satradar 222.

Bacaan Lainnya

Kasubdisyankes, Kol. Kes dr. M. Roikhan Harowi Sp.THT, M. Kes yang hadir menyampaikan materi Perkembangan Covid19 dan Vaksinasi di Lingkungan Angkatan Udara, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Ceramah Kesehatan dan  pelaksanaan Vaksinasi Influenza adalah sebagai bentuk tanggung jawab pembinaan kesehatan dijajaran TNI AU.

“Biasanya, kita datang memberikan pelayanan kesehatan. Tapi dimasa pandemi ini kita ubah dengan memberikan upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Kegiatan ceramah kesehatan dan vaksinasi influenza ini dilaksanakan setiap tahun. Sebagaimana tuntutan global, TNI AU harus selalu siap dan sehat dalam menjaga Negara,” tuturnya.

“Vaksin influenza ini diberikan 1 tahun sekali,  karena meski merupakan penyakit ringan, nyatanya flu bisa menimbulkan masalah besar bagi sebagian orang.  Virus ini menyebar melalui percikan air ludah atau kontak dengan barang yang telah terkontaminasi virus. Penyakit ini menyerang saluran pernafasan, gejala berupa batuk kering, demam, sakit kepala, pilek, nyeri otot dan lemas. Gejala bisa sangat parah, bahkan menyebabkan kematian,” paparnya.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Komandan Satradar 222 Ploso di Kabuh serta Keluarga Besar Dinas Kesehatan Angkatan Udara juga tim Flying Specialist yang memberikan Sosialisasi/Ceramah Kesehatan dan Vaksinasi Influenza di Ruang Bung Tomo Pemkab Jombang.

“Ini adalah untuk kali pertama TNI AU Satradar 222, menempatkan kegiatannya di Bung Tomo yang bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Jombang memberikan sosialisasi terkait Vaksinasi Influenza,” tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan terkait perkembangan kasus Covid di Kabupaten Jombang yang terus menurun. “Alhamdulillah Vaksinasi Covid masih terus berjalan, angka kasus Covid di Jombang saat ini semakin menurun, sampai hari ini tadi 26 kasus yang dirawat. Semoga ini terus menurun.  Kita terus berikhtiar juga berupaya dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan, Pencegahan  dan Penyebaran Covid 19,” tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Bupati berharap Ceramah Kesehatan ini  akan meningkatkan akses informasi dan edukasi kepada  masyarakat agar bisa menjaga  tetap dapat hidup sehat. Dan ini harus dilakukan oleh semua masyarakat pada masa sekarang, dimana Influenza juga Covid 19 masih menjadi momok bagi kita semua, maka dari itu masyarakat dapat melakukan kegiatan sehari–hari dengan melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), selalu mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, memakai masker, dan menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan mengurangi kerumunan.

“Semoga dengan berkehidupan Perilaku Hidup Bersih Sehat serta pemberian imunisasi influenza pada hari ini, nantinya bisa mencegah/ mengurangi flu / covid 19, yang masih berlangsung sebagai pandemi di dunia, khususnya di Kabupaten Jombang”, pungkas Bupati Jombang

Kepala RS AU dr. M. Munir, dari Lanud Abdul Rahman Saleh pada kesempatan tersebut menyampaikan sosialisasi terkait pentingnya Imunisasi sebagai upaya yang dilakukan untuk membentuk imunitas pada diri seseorang terhadap paparan mikroorganisme tertentu. Terutama vaksinasi Influenza kepada anggota Satrad 222 Jombang yang merupakan vaksin untuk melindungi diri dari penyakit flu. 

Kolonel Kesehatan dr. Ari Putriani Sp.Patologi Klinis menyampaikan materi terkait perilaku hidup bersih dan sehat diera pandemi Covid 19 Serta Pemeriksaan Laboratorium Covid. dr. Ade Nurshanty Sp. menyampaikan materi Penyakit Dalam Vaksinasi Influenza.

Dalam agenda tersebut, hadir perwakilan Forkopimda Kabupaten Jombang, Kepala RS AU dr. M. Munir, dari Lanud Abd. Rahman Saleh, Komandan  Satuan Radar 222 Kabupaten Jombang beserta jajaran, Sekdakab Jombang, Kepala RSUD Jombang, Kepala RSUD Ploso, Kepala Puskesmas Kabuh, Kepala Rumkit Soemitro Surabaya,  Kepala Dinas Kesehatan beserta jajaran Kepala OPD terkait serta Ibu Ibu IKKT (Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI).  

Usai acara pembukaan, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyaksikan Sekdakab Jombang, Dr. Akh Jazuli serta Kepala OPD yang hadir pada acara tersebut  mendapatkan layanan vaksinasi Influenza.(war)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *