Koramil dan Polsek Ngoro Hadiri Panen Raya Desa Kesamben, Dukung Ketahanan Pangan

  • Whatsapp

KESAMBEN, NGORO – Pada pagi ini personil Polsek Ngoro bersama dengan personil Koramil 0814/14 Ngoro melaksanakan kegiatan panen raya di Dusun Ngendut, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang.

Petani memiliki peran besar dalam mencukupi kebutuhan pangan masyarakat. Kontribusi para petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan terutama di Kabupaten  Jombang sehingga sudah selayaknya mendapat apresiasi dari segenap elemen masyarakat.

Bacaan Lainnya

Hadir pada kegiatan panen raya tersebut Kapolsek Ngoro AKP Yanuar, SH, bersama dengan Danramil 0814/14 Ngoro Kapten Inf. Sujiono, SE. bersama dengan perangkat Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Sabtu (29/05/2021).

AKP Yanuar menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi para petani yang ada di Dusun Ngendut, Desa Kesamben yang bisa mencukupi kebutuhan pangan utamanya sektor padi secara mandiri. Ini membuktikan bahwa Desa Kesamben mampu menjaga ketahanan pangan dengan baik.

Para petani mempunyai jasa besar dalam swasembada pangan. Menurutnya, petani merupakan salah satu profesi mulia yang harus terus diberikan dukungan agar Indonesia menjadi negara swasembada pangan.

“Terima kasih dan apresiasi kepada petani khususnya yang ada di desa Kesamben yang telah berhasil mewujudkan ketahanan pangan. Kami dari Kepolisian bersama dengan TNI dan Pemerintah Daerah akan selalu bersinergi memberikan dukungan penuh kepada para petani,” ujar AKP Yanuar.

Pihaknya juga meminta agar para petani terus meng-update pengetahuan dan wawasan terkait bercocok tanam sehingga hasil panen bisa lebih melimpah. Pihaknya berharap apa yang telah dilakukan oleh para petani Desa Kesamben ini bisa menginpirasi dan berkembang di desa-desa yang lain di wilayah Kecamatan Ngoro.

Dengan memberdayakan para pemuda yang memiliki kemampuan dan keahlian di bidang pertanian sangat dibutuhkan di samping itu penggunaan peralatan canggih di bidang pertanian bisa dimanfaatkan mulai dari mesin tanam sampai dengan panen dengan menggunakan mekanisasi peralatan pertanian modern.

Sementara itu, Kepala Desa Kesamben Wihandoko, menyampaikan terima kasih atas silaturahmi dan kehadiran Kapolsek dan jajaran Polsek Ngoro bersama Danramil Ngoro dalam panen raya tersebut. Pihaknya memaparkan bahwa kelompok tani yang dipimpinnya memiliki cakupan sawah sekitar 15 hektar dan menghasilkan 9 ton per hektar. Dalam hal ketahanan pangan bisa mencukupi kebutuhan penduduk dan hingga saat ini masih terdapat punya stok gabah mencapai 18 ton.(war)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *