Satgas Pangan Jombang dan Bulog Gelar Stabilisasi Harga di Pasar Bareng

satgas pangan jombang
Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Agus Purnomo saat mengikuti langsung Stabilisasi harga di Pasar.

WartaJombang.com — Satgas Pangan Kabupaten Jombang dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jombang yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Agus Purnomo melakukan monitoring ke Pasar Bareng pada Selasa (31/10/2023) pagi.

Blusukan ke dalam pasar, Agus Purnomo Sekdakab Jombang bersama Satgas Pangan Kabupaten Jombang yang terdiri dari Kepala Dinas OPD terkait, Camat, Forkopimcam setempat, mengecek harga kebutuhan bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, cabe dll, menanyakan langsung kepada para pedagang juga masyarakat yang tengah berada di Pasar Bareng, yang lagi antri membeli bahan pangan yang digelar oleh Bulog.

Bacaan Lainnya

Dengan tertib masyarakat antri membeli bahan pangan seperti beras, minyak goreng, gula, melalui Gerakan SIGAP SPHP atau Siap Jaga Harga Pasar dengan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (operasi pasar), guna memastikan beras SPHP tersedia.

“Alhamdulillah, pagi ini kita bersama Satgas Pangan, Tim TPID Kabupaten Jombang sinergi dengan Bulog berada di Pasar Bareng, guna memastikan bagaimana ketersediaan beras dll, juga harganya. Untuk menstabilkan harga yang mulai naik seperti Beras tadi ada yang harganya 13 ribu, gula ada yang 15 ribu, cabe 65 ribu, untuk itu kami menstabilkan dengan menggelar Operasi Pasar. Dan masyarakat menyambut dengan antusias dan berjalan tertib”, tutur Agus Purnomo.

Disampaikan juga oleh Sekdakab Jombang bahwa kegiatan pemantauan atau monitoring harga juga ketersediaan stok pangan telah dilaksanakan rutin setiap minggu oleh petugas baik dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang  bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang secara rutin dilaporkan ke Badan Pangan Nasional. Upaya ini salah satunya untuk menekan Inflasi.

“Kita akan terus lakukan evaluasi dari kegiatan pemantauan harga dan stok pangan. Yang terpenting masyarakat tidak perlu panik, yakinlah bahwa Bulog selalu SIGAP, ketersediaan beras aman harga juga stabil”, pungkas Sekdakab Agus Purnomo.

“Gerakan SIGAP SPHP ini di Kabupaten Jombang berjalan lancar”, pungkas Sekdakab Jombang Agus Purnomo yang kemudian bersama Tim melanjutkan memantau harga dan ketersediaan stok pangan di Pasar Ngoro. (aan/pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *