Meriahnya Pawai Budaya Desa Tugusumberjo Peterongan Jombang

desa tugusumberjo
Salah satu penampilan dalam pawai budaya Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. (wartajombang.com/fan)

WartaJombang.com — Peringati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78, Pemerintahan Desa Tugusumberjo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang menggelar kirab kebangsaan dan pawai budaya yang di ikuti oleh seluruh masyarakat Desa, Minggu (27/8/2023).

Dalam acara tersebut, ribuan warga Desa Tugusumberjo, Kecamatan Peterongan Jombang berbondong-bondong mengikuti kirab kebangsaan dan pawai budaya dengan beraneka ragam dalam berdandan.

Bacaan Lainnya

Adapun keseluruhan daripada wilayah Dusun di Desa Tugusumberjo, yang mengikuti kirab tersebut mulai dari Ujung Utara, Selatan, Timur, Barat Desa. Di antaranya ialah: Dusun Gading, Dusun Tugu, Dusun Budug, Dusun Nglajur, dan Dusun Ngudi.

Acara pagelaran kirab Kebangsaan dan pawai budaya tersebut, telah di hadiri juga oleh Ema Umiyyatul Chusnah, atau yang akrab dengan sapaan ‘Neng Ema’. Dalam hal itu Neng Ema yang sebagai pembuka acara.

“Saya melihat Antusias warga Desa Tugusumberjo yang begitu sangat luar biasa, saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya, semoga Desa Tugusumberjo semakin maju dan sukses selalu,” ujar Neng Ema dalam membuka acara, Minggu (27/8/2023).

As’ad, selaku Kepala Desa Tugusumberjo mengatakan, bahwa gebyar festival pawai budaya tersebut di lakukan untuk sebagai mana merayakan hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78.

“Untuk kegiatan hari ini kami lakukan sebagaimana untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78, alhamdulillah acara selalu berjalan dengan lancar. Kami turut bahagia dengan antusias masyarakat Tugusumberjo dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan di setiap tahun,” tandas As’ad kepada media.

desa tugusumberjo
Nenek lampir mengikuti pawai budaya Desa Tugusumberjo Peteronga Jombang. (wartajombang.com/fan)

As’ad mengaku bahwa ia mengapresiasi kemauan masyarakat Desa dalam hal memperingati HUT RI di setiap tahun. “Kami selaku Pemdes Desa Tugusumberjo, mengapresiasi kemauan masyarakat Desa, dengan itu pula, kami dengan senang hati merespon kemauan masyarakat Tugusumberjo untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan di setiap tahun,” imbuhnya.

Di paparkan oleh Bayu Hari Satriyo, selaku Sekretaris Desa Tugusumberjo. Ia mengatakan, kegiatan Kirab Kebangsaan dan Pawai Budaya tersebut, sebagai puncak kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 78 serta acara sedekah Desa.

“Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar, dengan acara seperti ini bisa menjadikan hubungan antar Dusun semakin erat, sehingga menjadikan Desa aman, tentram, damai dan sejahtera,” papar Bayu Hari Satriyo

Masih lanjut Bayu Hari Satriyo, Ia berharap untuk Desa Tugusumberjo supaya menjadi Desa yang subur dan makmur. “Harapan kami selaku pemerintah Desa Tugusumberjo dan seluruh masyarakat se Desa Tugusumberjo,  semoga Desa Tugusumberjo menjadi  Desa yang subur, Makmur, gemah ripa loh jinawi, tentrem , kerto raharjo dan Baldatun Toyyibatun warobbun Ghofur, Aamiin,” tutupnya. (fan/pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *