Peringati HUT RI Ke 78, Beginilah Yang Dilakukan Pumuda Desa Tugusumberjo Jombang

desa tugusumberjo peterongan
Para pemuda Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang saat mengecat jalan. (wartajombang.com/aan)

WartaJombang.com — Dalam rangka menyambut dan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke 78, Pemuda Dusun Gading, Desa Tugusumberjo, Kecamatan Peterongan Jombang gropyok gotongroyong untuk mengecat jalan, Senin (07/08/2023).

Menjelang 17 Agustus, sebagaimana hari yang telah di tetapkan sebagai hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia (NKRI). Di setiap daerah pasti akan melakukan segala kesiapan untuk menyambut hari Kemerdekaan tersebut.

Bacaan Lainnya

Seperti halnya yang telah di lakukan oleh pemuda di Dusun Gading RT 015, RW 004, Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke 78, pemuda Dusun Gading tersebut menghias jalan dengan memasang umbul-umbul serta mengecat tepi jalan warna Merah Putih.

Hal tersebut di sampaikan oleh Muhammad Afandi yang akrab dengan sapaan (Pandot), salah satu pemudah Dusun Gading yang menggugah dan menbangkitkan semangat bagi pemuda-pemuda yang lain untuk mencintai akan tanah air Kebangsaan.

“Sudah menjadi kewajiban bagi kami para pemuda-pemudi generasi penerus Bangsa, kita sebagai pemuda Bangsa harus bangkit, bersemangat dan mempunyai tekad yang kuat untuk mencintai dan menjadi penerus Bangsa yang baik. Seperti halnya yang sering di tuturkan oleh para ulama sesepuh kita (Hubbul Wathon Minal Iman), yang artinya: ‘cinta tanah air atau nasionalisme adalah bagian dari iman’ Patriotisme yang sejati ialah Rasa Cintanya terhadap tanah air yang tak pernah sirna dan tak tergoyahkan,” Ujar Pandot saat di temui media, Minggu (6/8/2023).

Pandot mengaku, untuk menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 kali ini, menjelang tanggal 17 Agustus ia mengajak seluruh pemuda Dusun Gading untuk menyiapkan segalanya. Seperti memasang bendera umbul-umbul hingga melakukan pengecatan jalan dan kegiatan-kegiatan yang lain.

“Seperti apa yang kami lakukan pada malam hari ini mengecat jalan, guna untuk kesiapan menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78. Ini kita lakukan untuk merayakan dan sebagaimana ungkapan rasa syukur kita terhadap Pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

“Kita tidak pernah merasakan, bagai mana susahnya, sakitnya dan pahitnya perjuangan para pahlawan kita pada saat mengusir penjajah waktu itu, hingga pada ahirnya Negara Kita Merdeka seperti saat ini. Apa susahnya kita yang hanya menikmati kemerdekaan ini untuk merayakan dan sebagaimana juga ungkapan rasa terimakasih terhadap pejuang-pejuang kita dahulu dengan memeriahkan tiap kali HUT Kemerdekaan tanah air. Jadi harapan kami paling utama, semoga seluruh pemuda-pemuda generasi penerus Bangsa selalu mencintai tanah air, dan menjadi contoh yang baik bagi generasi selanjutnya. Semoga di HUT kemerdekaan kali ini juga, bangsa kita kedepannya benar-benar merdeka dalam segala bidang,” tandas Pandot.

Adapun komentar dari Bayu Hari Satriyo, selaku Sekretaris Desa Tugusumberjo (SEKDES). Ia mengapresiasi Pemuda-Pemuda Dusun Gading yang sangat mulia. “Alhamdulillah,  semangat para pemuda yang ber api-api. Dalam rangka menyambut HUT RI ke 78, semangat yang luar biasa, yang menunjukkan bahwa mereka sangat mencintai Negaranya, mereka sadar, bahwa mereka tidak ikut langsung berperang, tapi mereka semangat mengisi kemerdekaan ini dengan beberapa kegiatan di wilayahnya masing-masing. Semoga jiwa patriotisme selalu tertanam pada diri para pemuda di seluruh Wilayah NKRI,” tutur Bayu Hari Satriyo kepada media, Senin (07/8/2023). (aan/far)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *