PPBI Bersama Disporapar Jombang Gelar Festival Bonsai dengan Harapan Menjadi Ekonomi Kreatif

disporapar jombang
Kepala Disporapar Bambang Purwanto saat menhadiri acara.(wartajombang.com/jul)

WartaJombang.com — PPBI berkerjasama dengan Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Jombang menggelar pameran Bonsai yang di gelar di area Tirta Wisata, Desa Mancar, Kecamatan Peterongan, Jombang, Sabtu (10/12/2022).

Acara hadiri Kepala Disporapar Bambang Purwanto berserta Kabid Ali Arifin, Ketua PPBI Jombang dan Kapolsek Peterongan.

Bacaan Lainnya

Ada 425 Pohon Bonsai yang di lombakan dalam kontes Bonsai dengan berbagai macam jenis pohon dan beragam ukuran besar maupun kecilnya pohon – pohon tersebut.

Bambang Purwanto mengatakan “Kontes Bonsai ini bisa menjadi ekonomi kreatif bagi seniman bonsai, Bonsai akan indah bila ada lekuk nya dalam artian semakin pohon itu lekuk maka keindahannya akan semakin kelihatan.

“Dari segi wisata kontes semacam ini merupakan kalender yang bisa menarik masyarakat dari luar Jombang untuk masuk ke Jombang dan ini juga termasuk ada nilai ekonominya,” jelas Kepala Disporapar Jombang.

Di tambahkan oleh Bambang “Festival bonsai ini memang lokal tapi rasa Internasional, ke depan nanti perlu kita sinkronkan dengan teman – teman Dinas tapi yang pasti harus ada komitmen bersama supaya terwujud tujuan menjadikan tanaman bonsai ini menjadi ekonomi kreatif dan bisa Go Internasional,” tuturnya.

“Dari wisata sendiri juga di perlukan adanya kegiatan semacam ini untuk menarik masyarakat berkunjung ke wisata dan semoga di tahun depan Jombang bisa mengadakan kegiatan semacam tingkat Propinsi dan Nasional,” tambahnya.

Festival Bonsai akan di adakan selama 5 hari dengan dan cara penilaiannya di bagi menjadi Tiga yaitu Bonsai jenis Pemula, Setengah jadi dan sudah jadi dan Disporapar Kabupaten Jombang yang menyediakan Piala tersebut. Ketua PPBI Jombang, Imam Purnomo juga mengatakan bahwa di Kabupaten Jombang terdapat sekolah bagi pengrajin  tanam Bonsai untuk memberikan pendidikan bagi pengrajin Bonsai agar tanaman Bonsai Jombang ini bisa laku sampai Internasional,” singkatnya.(jul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *