Desa Kademangan di Resmikan Menjadi Kampung Cobek

kademangan
Wakil Bupati Jombang Sumrambah bersama istrinya saat menghadri acara.(wartajombang.com/jul)

WartaJombang.com — Desa Kademangan di resmikan menjadi Kampung Cobek, tepatnya Dusun Kebondalem, Desa Kademangan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Minggu (12/11/2022).

Mayoritas penduduk Dusun Kebondalem menekuni usaha pembuatan Cobek yang berbahan dasar dari tanah liat.

Bacaan Lainnya

Peresmian di lakukan oleh Wakil Bupati Jombang, Sumrambah dengan di dampingi Kepala Desa Kademangan Hendro dan seluruh Perangkat Desa setempat.

Berbagai macam ukuran cobek di pertunjukkan oleh para pengrajin cobek dalam persemian Kampung Cobek tersebut.

Kepala Desa Kademangan sangat men sport para pengrajin cobek dalam menekuni usaha mereka “Usaha pembuatan cobek yang selama ini menjadi mata pencaharian saudara semua bisa lebih maju dalam artian bisa lebih di kenal masyarakat luas dengan di resmikan ya desa ini menjadi Kampung Cobek.

“Tentunya kita harus bersyukur karena Desa Kademangan ini di nobatkan sebagai Kampung Wisata Cobek oleh Propinsi Jawa Timur. Dengan harapan cobek yang terbuat dari tanah liat ini akan lestari karena ini merupakan warisan leluhur dan jangan sampai cobek – cobek ini terkikis oleh barang yang terbuat dari plastik,” ungkapnya.

Selain kepala desa Kademangan Wakil Bupati Jombang di kesempatan pembukaan Kampung Cobek tersebut juga mengatakan” Dengan adanya Kampung Cobek ini, bisa menambah perekonomian masyarakat sekitar.

“Saya juga minta maaf kepada masyarakat desa Kademangan karena masih saja tiap tahun di landa banjir, Kami Pemerintah Kabupaten terus berupaya agar desa ini terbebas dari banjir,” Sumrambah.

Dalam persemian juga di tampilkan berbagai macam kesenian daerah yang di bawakan oleh pelaku seni warga Desa Kademangan antara lain ,Seni Kuda Lumping, Tari tarian dan lainnya. Ratusan pengunjung memadati area lapangan Desa Kademangan untuk menyaksikan peresmian dan banyak pengunjung yang berbelanja Cobek di tempat tersebut.(jul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *