Langganan, Desa Kademangan Kembali Terendam Banjir Setelah Hujan Lebat Jombang dan Sekitarnya

banjir kademangan jombang
Tim Semar saat melakukan evakuasi warga korban Banjir Desa Kademangan Mojoagung Jombang. (wartajombang.com/jlk)

WartaJombang.com — Hujan deras yang mengguyur wilayah Jombang menyebabkan meluapnya air di sungai Kali Gunting, hingga  berdampak terjadinya banjir di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.

Sejak pukul 17.00 air mulai naik ke pemukiman warga Dusun Kebondalem dan Pekunden, Desa Kademangan.

Bacaan Lainnya

Pemerintah Desa setempat dibantu Tim Semar, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan relawan lainnya membentuk dapur umum dalam Balai Serbaguna Kantor Desa Kademangan.

Kepala Desa Kademangan Hendro menjelaskan jika wilayahnya sudah menjadi langganan banjir setiap tahunya. Menurutnya, banjir disebabkan dari pertemuan arus air dari dua sungai.

“Desa ini memang menjadi tempat titik temu aliran air dari dua sungai, makanya tiap tahun selalu terjadi banjir. Berbagai upaya sudah kami lakukan tapi belum berhasil mengatasi masalah banjir yang terjadi setiap tahun karena kan meluapnya air sungai yang berada di desa ini,” jelas Hendro, Kamis (24/11/2022) malam saat di konfirmasi.

“Kami selaku pemerintah desa di bantu dengan para relawan sudah mempersiapkan segala sesuatunya, seperti tempat penampungan sementara dan dapur umum, Perahu karet dan lainnya,” singkatnya.

Sampai pukul 21.30 ketinggian air mencapai 60 sampai 130 cm dari permukaan tanah dan di perkirakan  air mulai berangsur surut.

Di karena kan banjir yang melanda Desa Kademangan terjadi hampir setiap tahun pada musim penghujan tiba, maka masyarakat desa tersebut sudah terbiasa dan tidak ada kepanikan.

Harapan salah seorang warga Dusun Pekunden Mbah Ji (55) “Kami  sudah terbiasa dengan adanya banjir seperti ini tapi kami juga berharap masalah banjir ini bisa segera di atasi oleh pemerintah,” harapnya.

Sekitar Pukul 22.00 Tim Semar melakukan evakuasi pada seorang perempuan yang bernama Sutirah, warga Dusun Kebondalem yang  sakit dampak dari banjir tersebut dan di larikan ke UGD Puskesmas terdekat untuk segera mendapatkan  perawatan medis. (jlk/pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *