Dinas Kesehatan Jombang Berikan Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Ke Abang Becak

dinas kesehatan jombang
Bupati dan Wakil bupati Jombang saat memberikan bantuan kepada abang becak.

JOMBANG, WartaJombang.com — Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, yang diperingati setiap tanggal 12 November, Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang menggelar Bakti Sosial (baksos).

Kegiatan Bakti Sosial yang melibatkan sinergitas Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan yang ada di Kabupaten Jombang tersebut, dilaksanakan di 3 lokasi. Yakni di lapangan Pemkab Jombang, pada Senin (22/11/2021), di Balai Desa Sumbernongko Ngusikan, dan Balai Desa Panglungan Wonosalam, pada Rabu 24 November 2021.

Bacaan Lainnya

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Jombang Sumrambah yang hadir pada pelaksanaan baksos di lapangan Pemkab Jombang, Senin (22/11/2021) pagi menyaksikan langsung pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 200 Abang Becak.

Dengan sistem semi drivethrough para Abang Becak dengan membawa becaknya dengan tertib dan tetap prokes untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM), Hipertensi (HT), Diabetes Mellitus (DM) dan katarak. Setelah selesai menjalani pemeriksaan mereka pulang dan mendapatkan sembako.

drg. Budi Nugroho, MPPM Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang menambahkan jika dari pemeriksaan kesehatan Abang becak ini ditemukan sakit positif, langsung diberikan pengantar (rujukan) ke puskesmas sesuai domisili. Pun demikian jika ada kasus katarak, pasien umum dapat langsung mengunjungi Klinik Mata Mojoagung atau RSI untuk ditindaklanjuti secara gratis. Bagi yang punya kartu BPJS, kunjungi ke PPK 1 (pemberi pelayanan kesehatan tingkat pertama) sesuai kartu.

“Sedangkan untuk Baksos yang akan di laksanakan di Desa Sumbernongko Ngusikan dengan sasaran 200 kaum dhuafa, dan di Balai Desa Panglungan Wonosalam dengan sasaran 200 kaum dhuafa. Berupa skrining katarak, pemeriksaan dan pengobatan serta pembagian sembako dengan metode konvensional, dengan sasaran keluarga kurang mampu, ” dianya.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab Didampingi Wakil Bupati Jombang Sumrambah bersama Kepala OPD, para Direktur Rumah Sakit, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi positif kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh seluruh Insan Kesehatan di Kabupaten Jombang untuk Abang becak dan keluarga kurang mampu, Hari Kesehatan Nasional HKN Ke 57, tahun 2021

Bupati Jombang juga khawatir tentang perkembangan Covid 19. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang pada November 2021 menunjukkan bahwa perkembangan kasus harian positif covid-19 di Kabupaten Jombang semakin menurun. Jombang sudah masuk level 1. Namun demikian pesannya kepada seluruh masyarakat Jombang tetap menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid19. Kewaspadaan diri harus ditingkatkan guna mencegah peristiwa yang tinggi kembali.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 tahun ini mengangkat tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”. Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi pandemi covid-19, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif sehingga Indonesia kembali sehat dan tumbuh kembali.

Berbagai upaya kesehatan terus dilakukan dalam bentuk pencegahan, deteksi, dan keresponsifan dengan harapan jumlah kasus menurun dan kesembuhan meningkat serta kematian dapat dicapai.

“Selamat hari Kesehatan Nasional ke-57, semoga kita dapat meningkatkan kualitas kesehatan agar terciptanya Sumber Daya Manusia unggul yang bermartabat dan berkualitas untuk bangsa dan tercapainya visi bersama Mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing”, pungkas Bupati Mundjidah Wahab.(pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *