HUT Ke 31 Perumdam Tirta Kencana Jombang, Terus Berinovasi Demi Kemaslahatan Masyarakat

Perumdam Tirta Kencana Kabupaten Jombang
Penyerahan potongan tumpeng dari Direktur Perumdam Tirta Kencana Kabupaten Jombang Khoirul Hasyim kepada Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab.

JOMBANG, WartaJombang.com — Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada jajaran Direksi dan Staf Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Kabupaten Jombang yang tengah merayakan Ulang Tahun ke 31 di Tahun 2021.

Menandai Ulang Tahun Perumdam Tirta Kencana selain melaksanakan khitanan untuk 31 peserta yang bersinergi dengan petugas dari Khitan Nusantara dan Baznas Jombang, juga diperingati secara sederhana di ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang pada Sabtu, (6/11/2021) dan dihadiri Dansatradar 222, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala OPD, Ketua Perpamsi Jatim, Dewan Pengawas Perumdam Tirta Kencana Jombang, Pemimpin Perbankan di Jombang, Camat, Ketua Forum Komunikasi Pelanggan Perumdam Tirta Kencana Jombang.

Bacaan Lainnya

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengapresiasi Perumdam Tirta Kencana Kabupaten Jombang yang telah memberikan kontribusi terhadap pembangunan di segala bidang, serta kemaslahatan bagi masyarakat. Utamanya dalam memberikan pelayanan air minum bagi seluruh masyarakat secara adil dan merata. “Berulang tahun, kepada Perumdam Kencana yang ke31, mudah-mudahan terus bekerja dan melakukan terobosan baru dalam melayani masyarakat Jombang dengan memberikan kualitas udara yang memenuhi syarat dan menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Khoirul Hasyim, Direktur Perumdam Tirta Kencana Kabupaten Jombang menambahkan, bahwa pada 31 Tahun Perumdam Tirta Kencana, siap bersinergi untuk mengabdikan diri untuk Kabupaten Jombang tercinta, dengan terus mendorong dan mendukung pembangunan untuk Jombang yang berkarakter dan berdaya saing.

bahwa dimasa pandemi Covid-19, saat perekonomian masyarakat sedang lesu, Perumdam Tirta Kencana tetap bekerja, menambahkan guna memberikan kontribusi yang lebih kepada Kabupaten Jombang. Yakni dengan melakukan efisiensi energi, dan tetap berproduksi dengan baik dan sehat.

Dilaporkannya bahwa Perumdam Tirta Kencana tengah mengembangkan sistem inverter (variable speed drive) berbasis PLC (programmable logic controllers) di beberapa perpompaan. bertujuan untuk mengatur frekuensi pompa sehingga penggunaan energi listrik dapat diminimalisir. “Alhamdulillah dari penerapan sistem ini kami mampu menghemat daya listrik 20-25 persen dari tiap-tiap perpompaan yang kami miliki. Semua desain, perakitan, dan pengaplikasian dilakukan secara mandiri oleh Divisi Produksi dan TIM Mekanikal Elektrikal Perumdam Tirta Kencana,” jelasnya.

Kedepan, teknologi tersebut akan terus dikembangkan oleh Perumdam guna mencapai target maksimal penurunan biaya produksi.

Layanan-layanan mudah terus diberikan kepada pelanggan dalam bentuk pengembangan aplikasi berbasis android. pelanggan kini dapat melakukan catat meter mandiri, mendapatkan notifikasi langsung saat terjadi.

Selain itu, kartu pelanggan terintegrasi dengan pembayaran. Pembayaran online yang dapat diakses di hampir 35 penyedia jasa pembayaran online. Perumdam Tirta Kencana juga melakukan inovasi perintah alur kerja berbasis IT dengan Sistem kerja yang mengintegrasikan seluruh divisi yang ada dengan memberikan ketepatan arah perintah kerja serta pelaporan real time. Hal tersebut dilakukan guna mendukung terlaksananya tatanan kinerja yang lebih terarah, lebih cepat, dan lebih terkontrol. Perumdam Tirta Kencana terus berkomitmen untuk selalu meningkatkan kapasitas SDM guna menghasilkan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

“Pembinaan dan peningkatan kompetensi terus kami upayakan melalui kursus singkat, pelatihan berjenjang, serta melakukan uji kompetensi keahlian untuk memahami PERPAMSI dan Lembaga Sertifikasi Profesi yang ditunjuk guna menjawab tantangan perubahan saat ini sebagaimana diminta akan air layak minum yang terus meningkat di tengah kondisi kualitas dan ketersediaan air yang semakin menurun karena pencemaran dan eksploitasi yang tidak terkontrol. Perumdam melakukan tindakan terang yakni penjualan air baku isi ulang juga berkerjasama dengan perusahaan-perusahaan skala menengah-besar serta perumahan yang ada di Jombang,” Hasyim.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan udara layak pengeboran yang digunakan untuk mengambil udara dapat mengurangi kuantitas dan kontinuitas udara dapat terus dipertahankan. Perumdam Tirta Kencana telah mampu menerapkan berbagai metode penjernihan air sehingga layak minum sebagaimana mestinya berupa Kran Air Siap Minum di Lapas Jombang, juga Deionisasi water treatment filter di Satradar 222 Ploso Jombang.

“Kedepan, mohon doa dan dukungannya agar Air Minum dalam Kemasan yang sedang dalam proses perizinan dapat segera direalisasikan guna mendukung Jombang yang berdaya saing. Sesuai hasil audit BPKP Provinsi Jawa Timur, Perumdam Tirta Kencana di tahun 2020 berdasarkan Indikator Cipta Karya Kementerian PUPR dinyatakan sehat dengan mendapatkan kenaikan nilai dari 2, 89 menjadi 3,06. Sedangkan berdasarkan indikator Kepmendagri Nomor 47 Tahun 1999, terdapat kenaikan 2,86, dimana pada tahun 2019 sebesar 61,57 menjadi 64,43 di tahun 2020″, pungkasnya.(aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *