Bupati Jombang Minta Peserta Pelatihan Rintis Wirausaha

pc muslimat nu jombang
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab foto bersama peserta pelatihan.

JOMBANG, WartaJombang.com — Hj. Mundjidah Wahab Bupati Jombang mendorong peserta pelatihan merintis wirausaha. Agar bisa mandiri sekaligus menciptakan lapangan kerja. Bupati Mundjidah Wahab yang hadir didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat,  Drs. Purwanto MKP dan Kepala Naker Jombang, Dr  Priyadi, MM mengapresiasi positif langkah PC Muslimat NU Jombang yang terus bergerak ditengah pandemi Covid-19. Khususnya untuk mengembangkan sayap bagi kemaslahatan umat.

“Kalau sudah punya usaha, nanti yang belum menikah biar berani menikah. Pelatihan seperti ini sangat positif dan bermanfaat,” kata Bupati Mundjidah Wahab saat menutup pelatihan berbasis kompetensi kejuruan seni kuliner (pastri dan barista) di BLK Muslimat NU Jombang Jl Cokroaminoto, Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Jombang, Senin (30/08/2021).

Bacaan Lainnya

Peserta bisa mendapatkan skill yang dapat dipakai bekal membuka usaha. ’’Dengan membuka usaha, pasti nanti menyerap lapangan kerja ,’’ tegasnya. Sehingga dampaknya bisa mengurangi pengangguran. ’’Seperti disampaikan Presiden Jokowi; Mengembangkan sumberdaya manusia untuk Indonesia maju,’’ terangnya.

Pelatihan akan dilaksanakan secara berkala. Setelah lulus satu angkatan, nanti akan dibuka lagi untuk angkatan selanjutnya. Sehingga semakin banyak peserta yang mendapatkan pembekalan. Dan akhirnya makin banyak lapangan kerja yang tercipta. Serta semakin mengurangi jumlah pengangguran. Sehingga mempercepat terwujudnya visi Jombang berdaya saing dan berkarakter.

Pelatihan yang telah ditutup tersebut, telah diawali kegiatannya pada (02/08/2021) lalu bertepatan dengan peresmian gedungnya. Pelatihan itu merupakan amanat pemerintah kepada BLK Komunitas PC Muslimat NU Jombang melalui BLK dan Dinas Ketenagakerjaan. Harapannya, dapat membantu program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

BLK Komunitas PC Muslimat NU Jombang dibangun dengan tujuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan ataupun menjadi tenaga kerja yang profesional. Sehingga diharapkan akan turut menekan angka pengangguran di Kabupaten Jombang. BLK ini berdiri diatas tanah Muslimat seluas 3.000 meter persegi

Bupati Mundjidah yakin semua peserta pelatihan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. ’’Saya yakin para peserta dapat menjadi pengusaha yang berhasil,’’ ungkapnya. Mereka bisa membentuk Kelompok Usaha Bersama yang akan difasilitasi oleh Pemkab Jombang.

Sebanyak 16 peserta pelatihan terdiri dari tujuh laki laki dan sembilan perempuan dari delapan kecamatan. Yakni Kecamatan Jombang, Kesamben, Sumobito, Bareng, Mojoagung, Diwek, Peterongan dan Jogoroto.

Mereka usia produktif antara 20 tahun sampai 40 tahun. Pelatihan dilaksanakan selama 240 jam tatap muka, selama satu bulan. Instrukturnya Yusuf Aulawi telah dilatih selama 47 hari oleh Kemenaker RI di Medan dan sudah bersertifikat.(dka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *