LSM GeNaH Akan Laporkan Proyek Jalan Rabat Beton Desa Brodot

desa brodot
Kondisi Jalan Rabat Beton Desa Brodot Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang yang sudah rusak. (wartajombang.com/dan)

WartaJombang.com — Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Generasi Nasional Hebad (GeNaH) soroti Proyek Pembangunan Jalan Rabat Beton Tahun 2023 di Dusun Delik, Desa Brodot, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang sudah mengalami kerusakan.

Hendro Suprasetyo, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Generasi Nasional Hebad (GeNaH) mengatakan, setelah mendapatkan aduan keluhan dari masyarakat terkait rusaknya jalan Rabat Beton tahun 2023 yang berada di Desa Brodot, team LSM GenaH Langsung mendatangi lokasi untuk melakukan investigasi dan benar ditemukan jalan Rabat Beton tahun 2023 yang sudah rusak.

Bacaan Lainnya

“Ya setelah kami mendapatkan aduan informasi dari masyarakat terkait adanya bangunan Rabat Beton tahun 2023 dan baru selesai dikerjakan dalam hitungan bulan namun sudah mengalami kerusakan akhirnya team LSM GenaH langsung mendatangi lokasi dan melakukan investigasi, benar ditemukan Rabat Beton tahun 2023 yang sudah mengalami kerusakan”, katanya Kepada WartaJombang.com , Senin (9/10/2023).

Masih dikatakan Hendro Suprasetyo, Jika dilihat umur bangunan masih dalam hitungan bulan sudah mengalami kerusakan dirinya menduga bahwa mutu kualitas bangunan yang kurang baik atau bisa jadi diduga dikerjakan tidak sesuai spek.

“Jika dilihat umur bangunan masih dalam hitungan bulan sudah mengalami kerusakan ya dugaannya mutu kualitas bangunan yang kurang baik, bisa juga diduga tidak dikerjakan sesuai spek.Kami menduga disitu juga terjadi Mark up anggaran. Pertanyaannya apakah anggaran sebesar itu terserap semua untuk pembangunan Rabat Beton tersebut. Jangan sampai adanya proyek hanya sebagai ajang untuk mencari keuntungan saja”, lanjutnya.

Ditegaskan Hendro Suprasetyo, Untuk menjawab dugaan dugaan tersebut,dirinya akan mengirimkan Dummas ke Aparat Penegak Hukum (APH).

“Ya lebih enaknya kita Dummaskan saja ke Aparat Penegak Hukum (APH) biar mereka yang melakukan penyelidikan dan pemeriksaan, apabila terbukti saya berharap kepada APH agar menindak tegas, biar Pemerintah Desa tidak sembrono dalam mengelola anggaran pembangunan”, pungkasnya.

Perlu diketahui proyek pembangunan Jalan Rabat Beton Desa Brodot menelan anggaran sebesar Rp 127.918.000 (Seratus Dua Puluh Tuju Juta Sembilan Ratus Delapan Belas Ribu Rupiah) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023. Namun kondisinya sudah rusak.

Diberitakan sebelumnya, Parah, hitungan bulan Jalan Rabat Beton yang berada di Dusun Delik, Desa Brodot,  Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur sudah mengalami kerusakan, Rabu (4/10/23).

Kerusakan dibuktikan dari hasil pantauan WartaJombang.com pada Selasa, 3 Oktober 2023 pukul 15.10 wib nampak terlihat rabat beton jalan usaha rusak dan retak disejumplah titik.Diduga dikerjakan asal asalan dan tidak sesuai spek. Dilokasi masih terpampang papan informasi proyek yang terbuat dari banner.

Diketahui pada papan informasi proyek yang terpampang dilokasi,  proyek pembangunan jalan Rabat Beton yang berada di Dusun Delik dikerjakan tahun 2023 dengan anggaran sebesar Rp 127.918.000 (Seratus Dua Puluh Tuju Juta Sembilan Ratus Delapan Belas Ribu Rupiah) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023 dengan volume 3.00 m x 171, Tebal 15 cm. (dan/pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *