Jalan Rabat Beton Desa Ploso Tahun 2022 Rusak, Inspektorat Bantah Keterangan Kades

desa ploso
Kondisi Jalan Rabat Beton Desa Ploso Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. (wartajombang.com/dan)

WartaJombang.com — Proyek pembangunan Jalan Rabat Beton tahun 2022 yang berada di Dusun Ploso, Desa Ploso, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur sudah mengalami kerusakan. Inspektorat Kabupaten Jombang Bantah Keterangan Kepala Desa Ploso.

Menanggapi persoalan tersebut, Nining Permatasari, Kepala Desa (Kades) Ploso, Kecamatan Ploso mengatakan, jika waktu pembangunan rabat beton tersebut pada waktu musim hujan, dan sudah diperiksa inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Jombang

Bacaan Lainnya

“Dulu waktu mengerjakan itu pas musim penghujan banjir, lagian juga pada waktu itu saat wabah covid 19 orang sekitar pada nganggur akhirnya diperkerjakan, jadi orang bukan ahlinya ngecor disuruh ngecor nguli, kalau menurut pandangan saya begitu tapi ya gak tau lagi saya bukan TPK nya, sudah diperiksa Inspektorat dan DPMD gak ada kendala,” katanya kepada WartaJombang.com, Selasa (5/9/2023).

Masih lanjut dikatakan, Nining Permatasari bahwa dirinya juga sudah berkoordinasi dengan pendamping dan orang Inspektorat.

“Begitu ada persoalan itu saya langsung telfon ke pendamping dan ke Mbak Lisa Orang Inspektorat katanya gak papa Bu nanti itu dibenah i gak papa, jadi gak ada masalah, kemarin waktu musdes juga dikatakan Bu RT ada kendala Bu dipadangbulan jalannya kok sudah agak kurang bagus, terus saya ngomong kalau tukang tukang kuli TPK yang mengerjakan TPT ditengah sawah selesai biar nanti diperbaiki,” kilahnya.

Terpisah, Eko Prasetyo Inspektur Pembantu Bidang Investigasi Inspektorat Kabupaten Jombang menerangkan, untuk menindak lanjuti hal tersebut dirinya perlu datang ke lokasi. Dirinya juga menegaskan bahwa nama Lisa di Inspektorat Jombang tidak ada.

“Ya kita perlu ke lokasi untuk melihat kondisi, kerusakan kan macam macam penyebabnya kita perlu tau itu. Itu pun kita harus izin pimpinan dulu, di Inspektorat Jombang gak ada yang namanya Lisa,” tegasnya.

Masih lanjut Eko Prasetyo, pada proyek pembangunan Jalan Rabat Beton tahun 2022 yang berada di Desa Ploso, Kecamatan Ploso tidak kena Sempling Inspektorat.

“Kalau untuk Desa Ploso belum kena Sempling Inspektorat mas, ya memang kemarin Inspektorat melakukan Sempling ke wilayah kecamatan Ploso namun untuk Desa Ploso sendiri tidak terkena Sempling,” pungkasnya, Kamis (7/9/2023).

Diberitakan sebelumnya, Miris belum genap dua tahun, proyek pembangunan Jalan Rabat Beton yang berada di Dusun Ploso, Desa Ploso, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur sudah mengalami kerusakan. Diduga dikerjakan asal asalan dan tidak sesuai spek.

Mendapati informasi tersebut team WartaJombang.com dan Sekretaris Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Generasi Nasional Hebad (GenaH) mendatangi lokasi melakukan investigasi, dan benar ditemukan jalan Rabat Beton tahun 2022 yang sudah mengalami kerusakan, Sabtu (26/8/2023).

Pantaun WartaJombang.com, pada Sabtu, 26 Agustus 2023 nampak terlihat permukaan jalan Rabat Beton mengalami kerusakan, bahkan kerikil pada cor sudah mengelupas kepermukaan, dan sedikit berlubang.Diujung pojok jalan terdapat prasasti.

Diketahui pada prasasti, tertulis pembangunan Jalan Rabat Beton Bertulang di Dusun Ploso dikerjakan pada tahun 2022 kemarin, menelan anggaran sebesar Rp.164.799.500 (Seratus Enam Puluh Empat Juta Tujuh Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu Lima Ratus Rupiah) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2022 dengan volume 56,50 x 2,60 x 0,15 M, 41,80 x 3,00 x 0,15 M, 88,00 x 2,80 x 0,15 M. (dan/pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *