Proyek Jalan Rabat Beton Desa Darurejo Plandaan Dilaporkan, LSM: Biar Tidak Sembrono Dalam Mengelola Anggaran

desa darurejo
Kondisi jalan Rabat Baton Desa Darurejo Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang yang sudah rusak parah. (wartajombang.com/dian

WartaJombang.com — Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Generasi Nasional Hebad (GenaH) laporkan proyek jalan rabat beton yang berada di Dusun Tempel, Desa Darurejo, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur tahun 2021 ke aparat penegak hukum, Jumat, (4/8/2023)

Diketahui, proyek pembangunan jalan rabat di Desa Darurejo, Kecamatan Plandaan menelan anggaran ratusan juta namun belum genap dua tahun kondisi fisiknya sudah mengalami kerusakan.

Bacaan Lainnya

Hendro Suprastyo, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Generasi Nasional Hebad (GenaH) mengatakan, setelah kami melakukan diskusi bersama team, maka kami sepakat akan melakukan tindakan tegas yaitu melaporkan proyek rabat beton Desa Darurejo ke aparat penegak hukum.

“Setelah kami bersama team melakukan Diskusi kami sepakat untuk melaporkan proyek jalan rabat beton Desa Darurejo ke aparat penegak hukum. Jika dilihat dari anggaran pembangunan mencapai ratusan juta seharusnya memiliki mutu kualitas yang baik dan kuat, kami menduga pada pengerjaan proyek jalan rabat beton tersebut terjadi mark up anggaran”, katanya Jumat (4/8).

Masih lanjut Hendro Suprastyo, untuk membuktikan dugaan dugaan tersebut maka LSM Genah akan melapor ke aparat penegak hukum. Biar aparat penegak hukum yang melakukan pemeriksaan dan penyelidikan.

“Ya untuk membuktikan dugaan dugaan tersebut lebih enaknya kita laporkan saja ke aparat penegak hukum, kalau memang terbukti kami meminta agar APH menindak tegas sesuai dengan aturan yang ada, biar menjadi pelajaran bagi pemerintah desa agar tidak main main dan sembrono dalam mengelola anggaran negara ditingkat desa, jangan sampai adanya proyek hanya digunakan sebagai ajang mencari keuntungan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Telan anggaran ratusan juta bangunan Jalan Rabat Beton tahun 2021 yang berada di Dusun Tempel, Desa Darurejo, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur rusak dan berlubang.

Mendapatkan aduan informasi dari warga  team WartaJombang.com dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Generasi Nasional Hebat (GenaH) melakukan investigasi ke lokasi dan membenarkan memang terdapat kerusakan pada bangunan jalan rabat beton tahun 2021.

Pantauan WartaJombang.com pada Jumat 28 Juli 2023 kerusakannya, terpantau pada permukaannya yang sudah terkelupas dan berlubang. Selain permukaanya yang rusak dan berlubang,rabat beton juga sudah mulai retak retak disejumplah titik.

Diketahui pada prasasti yang berada di lokasi, proyek pembangunan Jalan rabat beton tersebut dikerjakan pada tahun 2021 dan menelan anggaran sebesar Rp.139.434.600 (Seratus Tiga Puluh Sembilan Juta Empat Ratus Tiga Puluh Empat Ribu Enam Ratus Rupiah) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021 dengan volume 178 m x 3 m x 0,2 m. (dian/pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *