Hadiri Deklarasi Jejaring Panca Mandala, Bupati Jombang Teken MoU Dengan BPIP

bupati jombang
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat memegang terbentuknya Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.

WartaJombang.com — Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Bupati Jombang, Provinsi Jawa Timur atas terbentuknya Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan ini diterima Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab pada acara deklarasi Jejaring Panca Mandala (JPM) Dan Penandatanganan Nota Kesepakatan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (28/7/2022) pagi.

Bacaan Lainnya

Hadir mendampingi Bupati Jombang pada acara tersebut Drs. Anwar MKP Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jombang.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan 38 Pemerintah Daerah Wilayah Provinsi Jawa Timur, termasuk Bupati Jombang, Hj. Munjidah Wahab.

Penandatanganan Nota Kesepakatan disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa; Kepala BPIP RI, Prof. Drs. KH Yudian Wahyudi, MA, Ph.D.; Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Dr. Drs. Bahtiar, M.Si dan OPD Provinsi Jatim, Bupati/Walikota Jatim, Kepala Kesbangpol Jatim dan kader JPM.

Adapun Ruang Lingkup Dalam Nota Kesepahaman tersebut diantaranya: 

a. Mendorong pelaksanaan sosialisasi, pembudayaan, dan mendorong mutiara pada kearifan lokal dalam rangka pembinaan ideologi Pancasila;
b. Mendorong pengembangan kerja sama jejaring multipihak dalam rangka pengamalan-nilai Pancasila;
c. Pendampingan terhadap pembentukan regulasi dan kebijakan serta penanganan penyelesaian dan penanggulangan masalah dan kendala dalam pembinaan ideologi Pancasila;
d. Penyediaan standar materi dan bahan ajar serta penelitian mengenai pembinaan ideologi Pancasila;
e. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, pembekalan, dan workshop pembinaan ideologi Pancasila;
f. Pengendalian dan evaluasi pembinaan ideologi Pancasila yang dilaksanakan oleh PARA PIHAK; dan
g. Kegiatan lain sesuai kebutuhan yang disepakati PARA PIHAK.

Saat deklarasi Jejaring Panca Mandala (JPM) Gotong Royong Membumikan Pancasila Di Bumi Majapahit Provinsi Jawa Timur, juga disampaikan Program Kerja Jejaring Panca Mandala Kabupaten/Kota masing-masing dalam peran sertanya melakukan Pembinaan Ideologi Pancasila. Termasuk Jejaring Panca Mandala (JPM) Arimbi dari Kabupaten Jombang. (aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *