Apakah Inulin Mampu Meningkatan Kesehatan Usus?

Inulin
Bahan Inulin

GRAFIS, WartaJombang.com – Inulin dibuat dari tanaman diolah sebagai sumber energi bagi manusia. Serat kandungan makanan prebiotic ini merupakan jenis karbohidrat yang tidak dicerna dalam tubuh, namun digunakan sebagai makanan oleh bakteri baik usus.

Apa Itu Inulin ?

Inulin adalah  serat prebiotik  yang diproduksi oleh tanaman. Ini ditemukan di banyak buah-buahan, biji-bijian dan sayuran seperti: Artichoke, khususnya artichoke Yerusalem, Asparagus, Pisang, Burdock, Akar chicory, Bawang putih, Bawang perai, Gandum, Bawang, kedelai, Gandum, Ubi liar.  

Inulin sering digunakan sebagai pengganti lemak atau pemanis. Ini dapat digunakan sebagai alternatif telur dalam makanan yang dipanggang dan ditambahkan ke es krim untuk mencegah kristal es dan mengurangi jumlah lemak.  

Juga tersedia dalam bentuk kapsul, bergetah, tablet, dan bubuk. Termasuk digunakan untuk sebagian besar tujuan ini cenderung berasal dari akar chicory.  

Manfaat kesehatan dari inulin 

Ketika berbicara tentang firasat, tampaknya membuat segalanya menjadi nyaman. Berikut adalah beberapa manfaat yang dilaporkan.

Ini dapat membantu perut Anda bergerak 

“Karena merupakan serat makanan, inulin dapat  merangsang buang air besar ,” kata Weekley. “Serat membantu menjaga usus kita tetap teratur, yang penting untuk kesehatan usus secara keseluruhan. Serat juga dapat membantu membuat segala sesuatunya bergerak, mencegah sembelit, dan memantapkan tinja yang encer. Jadi, sangat penting untuk menyeimbangkan jumlah serat dan cairan dalam makanan seseorang.” 

Dapat mencegah makan berlebihan  

Inulin adalah  serat larut . Ketika serat ini bercampur dengan air atau cairan lain di tubuh Anda, serat ini berubah menjadi gel. Gel ini membuat perut Anda kosong jauh lebih lambat, sehingga Anda akhirnya merasa kenyang lebih lama. “Serat membantu kita tetap kenyang dan menstabilkan gula darah kita. Ini dapat mencegah kita makan berlebihan dan membantu kita membuat pilihan makanan yang lebih baik,” kata Weekley.  

Ini mungkin membantu mencegah beberapa masalah kesehatan 

Menurut Weekley, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa inulin  dapat membantu memperbaiki mikrobioma usus  (jaringan mikroorganisme kecil di usus Anda yang membantu mengontrol pencernaan dan fungsi lainnya) ketika telah rusak oleh kondisi kesehatan seperti diabetes tipe 2,  penyakit gastrointestinal , obesitas dan penekanan nafsu makan yang berkepanjangan. Dia menambahkan bahwa selain menstabilkan gula darah, inulin dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko jenis kanker tertentu, seperti jenis serat lainnya. 

Itu bisa meningkatkan kesehatan mental Anda 

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa menambahkan inulin ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan berbagai bakteri baik di usus Anda, yang dapat menyebabkan saluran pencernaan yang sehat. “Banyak penelitian telah  menghubungkan usus yang sehat dengan pikiran yang sehat . Beberapa bahkan menyatakan bahwa beragam mikrobioma dan pola buang air besar yang sehat dapat dikaitkan dengan berkurangnya kecemasan dan depresi, ”kata Weekley.   

Efek samping inulin 

Inulin aman untuk sebagian besar, tetapi Weekley mengatakan bahwa terlalu banyak dapat menyebabkan efek samping yang tidak nyaman bagi sebagian orang, termasuk: Sembelit, kram, Diare, Gas, Kembung yang tidak nyaman. 

Dia menambahkan bahwa sumber inulin buatan dapat memperburuk beberapa kondisi seperti sindrom iritasi usus besar . Jadi, sebelum Anda mulai mengonsumsi suplemen, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menghindari potensi masalah.(sumber: health clevelandclinic)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *