Final Pra OSN Tingkat SMP, Disdikbud Jombang Pilih Metode CBT

osn
Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Jombang Safak Efendi saat memberikan pengarahan. (istimewa)

Warta Jombang — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang menggelar final Pra OSN (Olimpiade Sains Nasional) di Tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) pada Kamis (7/3) pagi di 3 tempat yakni, SMPN 1, SMPN 2, dan SMPN 3 Jombang yang dilaksanakan dengan sistim Computer Based Test (CBT).

Perludiketahui, Computer Based Test (CBT) adalah ujian yang dikerjakan di komputer, sehingga tidak memerlukan alat tulis seperti kertas dan pensil untuk menjawab pertanyaannya. Seluruh soal tertulis dan dijawab langsung di dalam komputer. Peserta ujian dapat langsung mengetik jawaban yang benar di dalam komputer tersebut.

Bacaan Lainnya

Pra OSN sendiri terdiri dari 3 mata pelajaran, yakni Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Babak final ini diikuti 60 siswa ditiap-tiap mata pelajaran.

osn
Seluruh peserta yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional) Tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). (istimewa)

Pembukaan final Pra OSN dilakukan di SMPN 1 Jombang dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Jombang Safak Efendi, ia mengatakan bahwa dari 60 siswa tiap mata pelajaran akan diambil Juara 1 sampai 3 serta Juara Harapan 1 sampai 3 yang mana kejuaraan ini diakui untuk masuk Sekolah Menengah Atas (SMP) jalur prestasi. 

“Pra OSN ini merupakan bentuk kesiapan Dinas Pendidikan untuk mengikuti OSN, meskipun semua siswa yang tidak mengikuti Pra OSN juga bisa mendaftar. Endingnya munculnya budaya mutu bagi anak-anak,” pungkasnya. (mar/far)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *