Dinas Peternakan Jombang Terima Penghargaan Sertifikasi Halal dari Gubernur Jatim

dinas peternakan jombang
Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Drs. Agus Susilo Sugioto menerima penghargaan sertifikat halal jasa pelayanan penyembelihan pemotongan ternak dari Gubernur Jawa Timur.

WartaJombang.com — Dinas Peternakan Kabupaten Jombang menghadiri Gelar Prestasi Pembangunan Peternakan Jatim Tahun 2023 di Graha Samudera Bumimoro, Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan yang menampilkan capaian dan prestasi insan peternakan dari seluruh wilayah di Jawa Timur itu mengusung tema Insan Peternakan Bersatu, Jawa Timur Terus Melaju.

Bacaan Lainnya

Pada acara tersebut Dinas Peternakan Kabupaten Jombang menerima penghargaan sertifikasi halal pada penyedia jasa penyembelihan ternak besar (Rumah Potong Hewan Ruminansia) sebagai Rumah Potong Hewan Halal.

Sertifikat halal tersebut diberikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawangsa dalam acara Gelar Prestasi Pembangunan Peternakan Jawa Timur tahun 2023.

Sertifikasi halal merupakan suatu landasan utama untuk fokus terhadap rencana aksi pengembangan industri produk halal di Indonesia, juga guna menyikapi global value chain pada era industri global melalui penguatan produk halal khusunya produk peternakan.

Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawangsa juga menyampaikan, Produksi daging sapi Jawa Timur menempati posisi tertinggi secara nasional dengan produksi mencapai 93.000 ton setara 21% produksi nasional.

Tingginya nilai tersebut menjadi acuan nilai pada pengolahan produk asal ternak khusunya daging sapi sebagai komoditas produk yang dominan dalam pengembangan industri halal.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Drs. Agus Susilo Sugioto menyampaikan, ”Penghargaan sertifikat halal tersebut diberikan sebagai sebuah komitmen dalam mewujudkan ekosistem halal, khusunya di wilayah Kabupaten Jombang” ujarnya, Sabtu (25/11/2023).

Mengingat makanan merupakan suatu unsur penting dalam Ruang Lingkup Industri Halal, maka dari itu Dinas Peternakan Kabupaten Jombang melakukan sertifikasi halal pada pelayanan jasa penyembelihan pemotongan ternak.

Dengan adanya pelayanan yang tersertifikasi halal, di harapkan mampu meningkatkan kepercayaan konsumen atau masyarakat, terutama dalam meningkatkan pangsa pasar dan daya saing usaha, serta mendukung pelaku usaha untuk menjadikan produk usahanya terjamin Aman, Sehat, Utuh dan Halal. (dan/pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *