Puncak Hari Koperasi ke 76, Dinas Koperasi Usaha Mikro Jombang Gelar Sarasehan

hari koperasi
Drs Purwanto MKP Asisten Pemerintahan Setdakab Jombang saat pemotongan tumpeng pada Hari Koperasi Nasional Ke 76.

WartaJombang.com — Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke 76, Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Jombang bersama Dekopinda menggelar Sarasehan di Pendopo Kabupaten Jombang pada, Rabu (12/7/2023) pagi.

Kegiatan Saresehan yang diawali dengan santunan anak yatim, penyerahan sertifikat Koperasi Sehat, serta pemotongan tumpeng tersebut, dihadiri oleh Asisten Pemerintahan Setdakab Jombang Drs. Purwanto MKP, mewakili Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab. Hadir juga Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang, Ketua Dekopinda Kabupaten Jombang beserta seluruh jajaran pengurus; para penggerak dan insan se  Kabupaten Jombang.

Bacaan Lainnya

Mewakili Bupati Jombang, Drs Purwanto MKP Asisten Pemerintahan Setdakab Jombang dalam sambutannya menyampaikan ucapan Selamat Hari Koperasi Nasional Ke 76. “Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jombang, mengucapkan “Selamat Hari Koperasi” Ke-76, kepada seluruh penggerak dan pengurus di Kabupaten Jombang”, tuturnya.

“Semoga peringatan Hari Koperasi ke-76 ini, dapat menambah giat dan semangat dalam mengurus koperasi sehingga pertumbuhan dan perkembangan di Jombang menjadi meningkat, kedepannya semakin mandiri, kuat dan berdaya saing, serta kian besar peranannya dalam perekonomian daerah,. memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat luas”, tutur Purwanto membacakan sambutan Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab.

Tema Hari Koperasi Nasional ke-76 ini, yaitu, “Memantapkan Jati Diri Untuk Mengembangkan Usaha Koperasi”. Sebagaimana tema ini, setiap anggota koperasi memiliki peran penting dalam mewujudkan visi dan misi koperasi yang kuat.

“Semoga apa yang dilakukan oleh para penggerak dan pengurus Koperasi menjadi barokah dan manfaat, mari kita merevitalisasi koperasi dengan niatan ibadah karena Alloh SWT, sehingga apa yang kita lakukan tidak hanya mendapatkan lelah tapi juga Lillah”, tuturnya.

Koperasi merupakan pilar utama dalam perekonomian Indonesia. Dalam spirit gotong royong dan kebersamaan, koperasi telah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan anggota, serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

“Mari kita jadikan Peringatan Hari Koperasi ke 76 sebagai momentum untuk evaluasi dan berbenah diri, merevitalisasi diri agar kedepan koperasi di Kabupaten Jombang ini semakin kokoh dan mensejahterakan anggotanya. Semuanya harus saling bersinergi”, tandasnya.

“Terima kasih kepada seluruh anggota koperasi yang telah berjuang keras dan memberikan kontribusi nyata. Semoga koperasi kita semakin maju, sejahtera dan berdaya saing. Semoga Allah SWT meridhoi segala daya dan upaya kita bersama membangun koperasi. Dirgahayu Koperasi Indonesia, Bangga Berkoperasi, Indonesia Maju”, pungkas Purwanto.

Sementara itu Fahrudin Widodo Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Jombang menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya sarasehan diantaranya untuk meningkatkan optimalisasi gerakan di Kabupaten Jombang, mendorong perekonomian di Jombang.

“Pemerintah Kabupaten Jombang saat ini fokus pada pengembangan sektor riil guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas. Dari sisi peluang, koperasi sektor riil juga memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata dan banyak macam usaha lainnya. Sesuai dengan misi ketiga Bupati dan Wakil Bupati Jombang yaitu: “Meningkatkan daya saing perekonomian daerah berbasis kerakyatan, potensi unggulan lokal dan industri”, tuturnya.

“Saat ini jumlah yang aktif di Kabupaten Jombang sebanyak 779 koperasi. Dinas koperasi dan usaha mikro Kabupaten Jombang telah melakukan tugas pembinaan terhadap koperasi melalui sosialisasi, workshop, bimtek mengenai perkoperasian sehingga akan semakin banyak yang aktif dan sehat, serta berkembang menjadi modern yang berbasis IT.

Namun, kita juga harus tetap realistis dan menyadari tantangan yang dihadapi oleh koperasi saat ini”, tambah Fahrudin Widodo.

“Kami berharap agar gerakan koperasi di Kabupaten Jombang mampu menjawab tantangan jaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya”, pungkasnya. Materi sarasehan pada acara tersebut  disampaikan oleh Moh. Faishol Chusni, S.Sos, M.Si – Kepala Lembaga Pendidikan Koperasi Wilayah Jawa Timur yang juga Direktur FAST Spirit International dengan judul “Kokoh Jati Dirinya Dahsyat Usahanya”. (dan/pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *