5 Gejala Penderita Flu Burung Pada Manusia

flu burung pada manusia
Lima Gejala Flu Burung pada manusia.

KESEHATAN, WartaJombang.com — Kasus flu burung sudah terindikasi di Kalimantan Selatan dan Jawa Barat. Flu Burung ditandai dengan banyak unggas mati mendadak. Flu burung adalah suatu masalah kesehatan yang disebabkan oleh virus influenza tipe A yang terutama menyerang burung. Meskipun flu burung jarang terjadi pada manusia, namun pada beberapa waktu lalu pemerintah telah mengeluarkan himbauan waspada terhadap penyebaran flu burung sebagai bentuk kewaspadaan, karena mengingat proses mutasi virus yang sangat cepat.

Berikut ini adalah gejala flu burung pada manusia yang sangat perlu untuk diwaspadai oleh masyarakat, diantaranya adalah sebagai berikut:

Bacaan Lainnya
  1. ISPA
  2. Demam tinggi, hingga mencapai lebih dari 3 Derajat Celcius
  3. Sakit tenggorokan secara tiba-tiba
  4. Sakit kepala dan lemas secara mendadak
  5. Apabila tidak mendapatkan sedini mungkin, gejala flu burung bisa menyebabkan timbulnya radang paru (pneumonia) dan berisiko kematian.

Dengan mengetahui beberapa gejala flu burung pada manusia diatas, diharapkan masyarakat bisa segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala  dan memiliki riwayat kontak dengan burung yang terinfeksi atau dengan manusia yang menderita fluburung, untuk bisa mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Penting untuk diingat bahwa fluburung dapat menyebar dari manusia ke manusia, meskipun kasus penularan manusia-ke-manusia relatif jarang. Tetap terapkan perilaku hidup sehat, serta rutin melakukan cuci tangan baik setelah maupun sebelum melakukan aktivitas, terutama setelah berkontak secara langsung dengan unggas, seperti ayam, bebek, burung dan sejenisnya. (sumber:upk kemenkes)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *