Bupati Jombang Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana 2022

Manggala Karya Kencana
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat menerima penghargaan.

WartaJombang.com — Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2022, atas prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk Terwujudnya Keluarga Berkualitas dan Penduduk Tumbuh Seimbang. Sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Nomor: 81/KEP/G2/2022 Tanggal: 23 Juni 2022.

Penyematan dan penghargaan penghargaan dilakukan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, bertepatan dengan momen Hari Keluarga Nasional, ke-29 di Hotel Santika Dyandra Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (6/7/2022) siang, yang dikemas dalam acara Webinar, Dialog Dan Apresiasi Program Bangga Kencana Dan Percepatan Penurunan Stunting.

Bacaan Lainnya

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dan koordinasi mempercepat penurunan stunting antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemangku kepentingan lain baik tingkat Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota, sehingga bekerja secara optimal dan merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 serta memotivasi dan mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam keberhasilan Penurunan Stunting dan Program Bangga Kencana.

“Pada kesempatan ini kami atas nama BKKBN pusat, menganugerahkan tanda penghargaan Manggala Karya Kencana, sebagai bentuk apresiasi kepada Kepala Daerah yang dinilai telah menunjukkan komitmen, dukungan serta jasa dalam program Bangga Kencana di wilayah Kabupaten,” ungkap Hasto Wardoyo

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab layak menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) yang dinilai dari Pemerintah Pusat karena telah memenuhi beberapa indikator penilaian yang digunakan BKKBN. Salah satunya adalah Total Fertility Rate atau TFR yang terhitung bagus. TFR Jombang yg cenderung turun, meskipun fluktuatif, sebesar 2,19 (Tahun 2017), 2,21 (Tahun 2018), 2,16 (Tahun 2019). Pencapaian peserta KB Baru Kabupaten Jombang Tahun 2021 sebesar 116, 78%. Pencapaian peserta KB Aktif Tahun 2021 tercapai 179,928%

Beberapa penghargaan di Bidang KB Tingkat Nasional yang cukup banyak diraih oleh Pemkab Jombang antara lain APE (Anugerah Parahita Ekapraya) Kategori Utama (Tahun 2020); Sebagai Kabupaten Layak Anak Peringkat Nindya Tahun 2021; Dinas PPKB, PPPA Jombang sebagai OPD KB dengan capaian terbanyak pada kegiatan Pelayanan KB Non MKJP dalam rangka kegiatan TMMD/Tentara Manunggal Membangun Desa ke 108 Tahun 2020 yang memperoleh Piagam Penghargaan dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur; Dinas PPKB, PPPA Kab Jombang sebagai OPD KB dengan mekanisme Pencatatan Pelaporan Terbaik II yang memperoleh penghargaan dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim.

Selain itu, aspek dukungan, komitmen dan peran Bupati Jombang terhadap pelaksanaan Program Bangga Kencana di Kabupaten Jombang antara lain meliputi : Memasukkan indikator program KKBPK dalam RPJMD; Mengusulkan kegiatan Prioritas Program KKBPK dalam RKPD melalui Musrenbangda; Dukungan Bupati Jombang terkait dengan pembentukan Kampung KB di Kabupaten Jombang; Banyaknya jumlah mitra kerja yang terlibat dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana di Kabupaten Jombang yang saling bersinergi dalam mengoptimalkan keberhasilan Program Bangga Kencana Di Kabupaten Jombang.

Sederet Kiprah Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana melalui kegiatan BULAGA (BUPATI MELAYANI WARGA) di Kabupaten Jombang yang telah dilakukan sejak beliau sebagai Bupati Jombang hingga sekarang.

Bupati Mundjidah Wahab menyebut penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Jombang. Penghargaan ini tak lepas dari peran serta masyarakat dan kolaborasi semua pihak dalam melaksanakan berbagai kegiatan, baik organisasi profesi dan gerakan organisasi. Seperti PKK, Muslimat, Aisyiyah, Bhayangkari, Persit, dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah, berbagai langkah upaya konkret dan progresif telah kita lakukan terutama dalam melaksanakan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk Terwujudnya Keluarga Berkualitas dan Penduduk Tumbuh seimbang secara bersama, bersinergi, semoga semua ini memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Jombang”, tutur Bupati Munjidah Wahab.

Pada acara penghargaan tersebut dirangkai dengan kegiatan Webinar dengan tema “Generasi Bebas Stunting”serta Dialog Kepala BKKBN Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG(K) bersama Menteri PMK Republik Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP . (aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *