Kunjungi Lapas Jombang, Wamenkumham Apresiasi Bupati Mundjidah Wahab

wamenkumham
Wakil Menteri Hukum dan Ham (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej foto bersama di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Jombang.

WartaJombang.com — Kunjungan kerja Wakil Menteri Hukum dan Ham (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Jombang pada, Selasa (1/6/2022) sore, disambut Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Sumrambah, bersama Kajari, Dansat Radar 222 Ploso, Sekdakab Jombang serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Jombang Mahendra Sulaksana  

Pada kunjungan tersebut Wamenkumham yang didampingi Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur dan rombongan langsung keliling meninjau  tempat layanan terpadu, tempat bantuan air minum higienis dari Bupati Jombang, serta dapur umum warga binaan lapas Jombang kemudian dilanjutkan dengan memasuki ruang lainnya.

Bacaan Lainnya

Wakil Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia, Edward O.S. Hiariej dalam sambutannya, mengatakan bahwa sengaja menyempatkan diri untuk mengunjungi Kota Santri  asal Presiden Ke 4, Almarhum KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur).

“Saya memang sengaja menyempatkan diri ke Jombang karena bagaimanapun juga Presiden kita keempat almarhum KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur berasal dari Kabupaten Jombang. Jadi pasti tempat ini salah satu tempat bersejarah karena melahirkan salah satu pemimpin Indonesia”, tutur Wamenkumham.

Wamenkumham mengucapkan terimakasih dan apresiasi serta penghargaan setinggi tingginya kepada Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Wakil Bupati, Kajari dan Kapolres Jombang (Forkopimda Kabupaten Jombang) atas bantuan yang sangat luar biasa yang diberikan terhadap Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Jombang.

Dikatakan Edward, tadi saya sudah berkunjung dan mencoba langsung air bersih dari Bupati, ruang sidang, termasuk cctv dari Bupati, Kajari dan Kapolres ini luar biasa. Tadi juga pas saya masuk Bupati berbisik, Bupati prihatin dengan keadaan lapas, bukan persoalan fasilitas dan sebagainya, akan tetapi over kapasitas, tutur Edward.

“Memang ini kendala kita bersama dan dimana-mana semuanya over kapasitas. Memang di Jawa ini sangat luar biasa over kapasitas. Kecuali di daerah istimewa Yogyakarta yang memang kapasitasnya masih dibawah”, tambahnya.

Di lapas Jombang ini warga binaannya sampai 900 orang. Padahal perkiraan saya hanya sekitar 260, berarti hampir empat kali lipatnya. Tapi apapun itu saya tidak akan panjang lebar dan nanti kita lakukan pemindahan, tuturnya.

Sekali lagi saya hanya ingin mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan penghargaan setinggi tingginya kepada pemerintah kabupaten Jombang, Kajari, Kapolres dan Ketua Pengadilan Negeri Jombang atas segala bantuan dan kerjasama serta koordinasi yang baik dari Kementerian Hukum dan Ham Lapas Jombang, ungkap Edward OS Hiariej.

Sementara Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Jombang Mahendra Sulaksana mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Wakil Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia, Edward OS Hiariej atas kunjungan kerjanya ke lapas Jombang yang bisa melihat langsung kondisi terakhir ini yang jumlahnya mencapai 938 dengan kapasitas 200 orang. “Sesuai dengan arahan, kita akan lakukan pemindahan yang kita laksanakan setiap satu sampai dua Minggu sekali”, pungkas Kalapas Mahendra Sulaksana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *