Pemkab Jombang Ikuti Peringatan Hari Otda Ke XXVI Secara Virtual

otda XXVI
Wakil Bupati Jombang Sumrambah beserta Forkopimda saat mengikuti Peringatan hari Otda secara virtual.

WartaJombang.com — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) menggelar acara puncak Peringatan Hari Otda ke XXVI yang diperingati setiap 25 April, kali ini dilaksanakan secara virtual.

Agenda peringatan Otda di Kabupaten Jombang diikuti oleh Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Dandim 0814 Letkol Inf. Muhammad Hanafi, Dansatradar 222 Ploso Letkol Lek Yudi Amrizal, Perwakilan dari Polres, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Agama serta Staf Ahli Bupati, Asisten dan para Kepala OPD terkait pada, Senin (25/4/2022) pagi, di ruang Media Center.

Bacaan Lainnya

Peringatan Otda yang mengusung tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Wujudkan ASN Yang Proaktif dan Berakhlak Dengan Membangun Sinergi Pusat Dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045” ini dihadiri oleh Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro mewakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Suhajar Diantoro dalam sambutannya menyampaikan otonomi akan menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumberdaya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah serta memacu percepatan pembangunan daerah. 

“Setelah 26 tahun otonomi telah memberi dampak yang positif, salah satunya dibuktikan dengan percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” jelas Sekjend Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro.

Pada momentum ini juga dilaunching 2 aplikasi yaitu, Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SI LPPD) versi 1.1 dan Konsultasi Virtual Otonomi Daerah (Kovi Otda). Ini bertujuan untuk mempermudah penyelenggaraan roda pemerintahan di setiap daerah. 

“Hari ini kami dari Pemerintah Kabupaten Jombang bersama Forkopimda, para staf ahli, asisten, kepala OPD terkait juga menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke-26 tahun secara virtual dan menyaksikan launching beberapa aplikasi yang terpusat di Kementerian Dalam Negeri. Semoga aplikasi yang telah dilaunching akan memiliki peran penting dalam menunjang efisiensi dan efektivitas kinerja ASN”, tutur Wabup Sumrambah usai acara.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Gubernur, Bupati, Wali Kota, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) baik provinsi maupun kabupaten/kota se Indonesia.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *