Bulaga dan Dialog Warung Pojok Kebon Rojo Jombang di Desa Mojotengah Bareng

bulaga jombang
Dialog di Warung Pojok Kebon Rojo Bupati bersama Forkopimda juga melakukan video conference dengan Puskesmas se Kabupaten Jombang.

BARENG, WartaJombang.com — Bupati Melayani Warga (Bulaga) di Kabupaten Jombang kembali dilaksanakan setelah sempat vakum karena pandemi Covid-19. Bulaga yang disinergikan dengan Dialog Warung Pojok Kebon Rojo kali ini diselenggarakan di Balai Desa Mojotengah, Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang pada, Senin (28/3/2022) pagi sampai selesai.

Bupati Mundjidah Wahab hadir bersama Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Forkopimda Kabupaten Jombang, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD Lingkup Pemkab Jombang. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Jombang.

Bacaan Lainnya

Tiba ditempat acara, Bupati dan rombongan meninjau  pelayanan Dispendukcapil, memberikan pelayanan cetak KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian. Kantor DPMPTSP memberikan pelayanan Perijinan Usaha, Pelayanan Perijinan Non Usaha. Dinas Kesehatan memberikan pelayanan Vaksin Dosis 1, 2,3 dan Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan. Polres Jombang memberikan pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor, Pelayanan Pembuatan SKCK. Kantor Bapenda Jombang memberikan Pelayanan Pajak SPPT PBD, Pelayanan SPPT PBB. Kantor PPKB dan PPA memberikan Pelayanan Alat Kontrasepsi, Pelayanan KB. PMI memberikan pelayanan donor darah, dan Pelayanan Perbankan.

Bupati dan Forkopimda pada kesempatan tersebut juga menyerahkan Santunan kepada 10 anak yatim dan 6 disabilitas. Kegiatan Bulaga dan Warung Pojok Kebon Rojo disiarkan langsung di YouTube Channel Jombangkab TV, Dinas Kominfo Kabupaten Jombang, serta disiarkan ulang oleh JTV.

Sebelum sambutan dan berdialog di Warung Pojok Kebon Rojo Bupati bersama Forkopimda juga melakukan video conference dengan Puskesmas se Kabupaten Jombang yang juga memberikan pelayanan vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan vaksinasi dan capaiannya.

Disampaikan oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, bahwa Bulaga tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya. Bulaga diselenggarakan selama 2 (hari) yakni tanggal 28 Maret khusus untuk melayani masyarakat Kecamatan Bareng dan tanggal 29 Maret untuk melayani masyarakat kecamatan Wonosalam. “Dengan Bulaga ini kita ingin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang ada di pelosok”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Tema yang diangkat adalah pelayanan akurat, vaksinasi covid-19 lengkap, ibadah ramadhan mantap. Yang mempunyai makna bahwa dengan adanya Bulaga ini maka masyarakat di kecamatan Bareng dan Wonosalam akan bisa mendapatkan pelayanan yang tepat, sesuai dengan yang dibutuhkan tanpa harus pergi jauh ke Jombang.

Bupati menyebutkan bahwa berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, capaian vaksinasi di Jombang sampai dengan tanggal 27 Maret 2022 pukul 18.00 WIB,  Dosis pertama sebanyak 93,24 persen (950.968 orang) ; dosis kedua sebanyak 76,59 persen (781.210 orang); dosis ketiga sebanyak 10,89 persen (111.034 orang).  

“Seperti kita ketahui, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pada Idul Fitri tahun 2022 ini masyarakat Indonesia diperbolehkan untuk mudik, dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali vaksin booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang tepat.

Selain itu, pada Ramadhan tahun ini, pemerintah juga membolehkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah tarawih berjamaah di masjid atau mushola dan wajib menerapkan protokol kesehatan ketat”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Namun, tambahnya, Presiden juga menyampaikan bahwa pejabat dan pegawai pemerintah belum dibolehkan melakukan buka puasa bersama atau menggelar open house pada Idul Fitri mendatang.

“Untuk itu, kami mengajak seluruh pihak untuk dapat bersama-sama mendukung berbagai upaya penanganan pandemi, diantaranya dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan kapanpun dan dimanapun kita berada, serta turut menyukseskan program vaksinasi agar segera tercipta kekebalan bersama (herd immunity) di Kabupaten Jombang.

Kepada semua yang hadir di sini, saya berharap agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, baik pada saat antri untuk mendapatkan pelayanan maupun saat antri ikut vaksin agar acara Bulaga ini dapat berjalan lancar dan sukses dari awal sampai akhir”, tandas Bupati Mundjidah Wahab.

Tampak hadir mengikuti dialog Warung Pojok Kebon Rojo yang dipandu Giono (Ari dari Radio Suara Jombang), Camat Bareng dan Camat Wonosalam beserta jajaran Forkopimcam, Kecamatan Bareng dan Kecamatan Wonosalam. Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bareng dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Wonosalam, Kepala Desa dan perangkat desa se-Kecamatan Bareng, Kepala Desa Wonosalam dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Wonosalam, BPD, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.(aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *