Bupati Mundjidah Wahab Meresmikan Gelar Potensi Budaya Serta Galeri Cagar Budaya

galeri cagar budaya
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat melihat geleri cagar budaya.

JOMBANG, WartaJombang.com — Dalam rangka mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang terus berkomitmen melalui berbagai langkah terobosan, salah satunya dengan membuka Galeri Cagar Budaya.

Pembukaan Gelar Potensi Budaya serta Galeri Cagar Budaya yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas P dan K) Kabupaten Jombang, Kamis (27/1/2022) di resmikan langsung oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dengan ditandai  pemotongan roncean bunga dan Penandatanganan prasasti.

Bacaan Lainnya

Bupati Mundjidah Wahab didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang (Sekdakab Jombang) Agus Purnomo, Staf Ahli, Asisten dan para Kepala OPD terkait meninjau satu persatu stand, mulai dari pameran lukisan, pameran batik, stand karya dan produk siswa SMP Negeri SE Kabupaten Jombang, dan stand kuliner yang disiapkan oleh panitia.

Disampaikan oleh Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang bahwa Gelar potensi budaya merupakan wadah bagi pelaku seni dalam mengekspresikan karya-karyanya. Kegiatan ini merupakan implementasi Pemerintah Daerah dalam mengimplementasikan Perda Nomor 13 Tahun 2020 tentang Cagar Budaya.

“Kegiatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini untuk mengenalkan siswa-siswi sekolah tentang kekayaan budaya warisan leluhur. Ini merupakan implementasi Pemerintah Daerah dalam upaya melaksanakan program pemajuan kebudayaan. Kami berharap kedepan dengan sinergitas yang ada, di Budaya akan Lestari, Pendidikan Maju, Wisata Bangkit,  Kuliner Sejahtera, Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing”, tutur Jumadi

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab sangat menyambut baik dan mengapresiasi adanya galeri Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. Kedepan diharapkan ada gedung Cagar Budaya yang lebih representatif lagi. Karena saat ini gedung yang ada masih terlalu sempit.

“Saya mengapresiasi dan menyambut baik atas berdirinya Galeri Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Jombang ini, semoga bisa bermanfaat untuk mendukung kemajuan Kabupaten Jombang”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Menurut Bupati adanya Galeri Cagar Budaya ini  merupakan wujud kepedulian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, guna memberikan ruang dan kesempatan kepada para pelajar maupun pelaku seni budaya untuk mengekspresikan karya seni dan budaya, untuk mengembangkan bakat seni dan menambah wawasan keilmuan tentang budaya.

“Saya berharap ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh banyak pihak, terutama untuk siswa-siswi di Jombang untuk mengetahui dan mengenal cagar budaya dan potensi budaya yang ada, seperti benda-benda berkaitan dengan pelajaran sejarah yang diajarkan di sekolah,” tuturnya.

Galeri cagar budaya ini berkonsep sederhana untuk mengangkat kearifan lokal Jombang. Galeri ini diharapkan dapat menjadi wahana mini untuk mengenalkan siswa-siswi sekolah pada cagar budaya, sehingga bisa menjadi wahana edukasi bagi siswa-siswi di Jombang. Galeri seni dapat berfungsi sebagai media komunikasi dan sebagai ruang publik bagi siswa-siswi dan masyarakat untuk menikmati karya seni atau melepas penat dari aktivitas sehari-hari tanpa membedakan kalangan masyarakat. Cagar budaya harus dijaga dan dilestarikan, karena merupakan bukti adanya sejarah dimasa lalu. 

“Semua OPD saya harapkan bisa bersinergi untuk melestarikan seni budaya khas Jombang, lestarikan agar tidak sampai punah, dan bisa semakin menjadikan Jombang sebagai Kabupaten yang Berkarakter dan Berdaya Saing. Insyaallah kita juga akan bangun gedung kesenian yang representatif,” pungkasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang ini di isi dengan banyak kegiatan kesenian, seperti pameran lukisan yang diikuti 37 pelukis yang tergabung dari Komunitas Pelukis Indonesia (Kopi) yang menampilkan 74 lukisan, dedongengan, pentas seni dan kuliner ndeso, kolaborasi ini adalah semata mata tak lain untuk mendukung kegiatan kebudayaan yang ada di Kabupaten Jombang. Kolaborasi ini adalah semata mata tak lain untuk mendukung kegiatan Kebudayaan yang ada di Kabupaten Jombang.

Hadir pada acara ini, Sekretaris Daerah Jombang, Agus Purnomo, Asisten Pemerintahan, Purwanto, Kepala OPD terkait dan para pejabat di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang; Pengurus MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) Jombang; Kepala BPCB Jawa Timur di Trowulan Mojokerto; Pimpinan Bank Jatim Cabang Jombang dan Pimpinan Bank Jombang; para pelaku seni Jombang.(aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *