Bupati Jombang Resmikan Gedung Balai Penyuluh KB Kecamatan Jogoroto

balai penyuluhan kb jogoroto
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab foto bersama didepan Gedung Balai Penyuluhan KB Kecamatan Jogoroto.

JOMBANG — Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, meresmikan Gedung Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) yang berada di area Kantor Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Selasa (28/12/2021). Peresmian ditandai dengan pemotongan roncean melati dan pemotongan tumpeng.

Hadir dalam peresmian gedung Balai Penyuluhan KB Kecamatan Jogoroto, Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Agus Purnomo beserta para Asisten, Ketua TP PKK Kabupaten Jombang, Wiwin Sumrambah, Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang; Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jombang, Nur Kamalia dan jajaran DPPKB dan PPPA; Camat Jogoroto dan Forkopimcam Kecamatan Jogoroto, Koordinator Penyuluh KB dan para penyuluh KB Kecamatan Jogoroto.

Bacaan Lainnya

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab Jombang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah melaksanakan kegiatan program Keluarga Berencana (KB) dengan baik, utamanya di Kecamatan Jogoroto sehingga kini juga memiliki gedung Penyuluh KB.

“Alhamdulillah, selamat telah memiliki gedung baru ‘Balai Penyuluhan KB’ yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan pihak terkait untuk berkumpul dan berembug atau membahas permasalahan program dan kegiatan KB di wilayah kecamatan Jogoroto, serta untuk menciptakan atau mengembalikan Norma Keluarga Kecil yang Bahagia dan Sejahtera”, tutur Bupati Mundjidah Wahab

Dikatakan Bupati Jombang bahwa pengendalian penduduk adalah sangat penting di dalam rangka mendukung impian masyarakat untuk mencapai hidup yang sejahtera. Masalah kependudukan yang kita hadapi, baik aspek pengendalian penduduk, kualitas penduduk dan penyebarannya merupakan tanggung jawab Pemerintah termasuk semua elemen masyarakat Kabupaten Jombang.

“Program yang ditetapkan, dilaksanakan secara terpadu dan sinergi, dan berkesinambungan sehingga menjadi satu kesatuan gerak dalam menanggulangi kondisi yang berkembang saat ini, utamanya peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakat. Dengan demikian akan semakin membantu untuk mewujudkan visi Kabupaten Jombang yaitu Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing”, tandasnya.

“Bupati juga menyinggung tentang pentingnya percepatan penurunan angka stunting, serta penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi yang juga harus di lakukan secara sinergi dengan seluruh elemen masyarakat, terpadu, berkesinambungan dan secara serentak. Suksesnya Program KB juga penurunan stunting merupakan tanggungjawab kita bersama guna mewujudkan keluarga yang terencana, bahagia dan sejahtera, untuk itu dibutuhkan peran serta dan koordinasi dari semua komponen yang ada demi suksesnya program nasional ini”, tandas Bupati Mundjidah Wahab.

Sebagai upaya dalam mewujudkan suksesnya program program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) perlu adanya komitmen bersama antara Pemerintah dengan Lintas Sektor, Komunitas, Organisasi Perempuan, Organisasi Masyarakat, PKK, Akademisi, Media, serta seluruh komponen dan elemen masyarakat, bekerjasama secara komprehensif dan terintegrasi sehingga dapat menekan angka pernikahan dini di Kabupaten Jombang.

“Saya berharap dengan adanya integrasi lintas sektor dan mitra kerja program Bangga Kencana di Kabupaten Jombang semakin dapat dirasakan oleh warga Jombang sebagai suatu upaya bersama untuk mewujudkan masyarakat yang bahagia, sejahtera, berkarakter dan berdaya saing”, terlebih lagi kedepan dengan adanya SAKIP Desa berbasis IT nantinya, akan memudahkan untuk terkait datanya”, tambah Bupati Mundjidah Wahab.

Nunik Hidayati, ST Camat Jogoroto menyampaikan tujuan pembangunan Balai Penyuluhan KB adalah untuk meningkatkan akses dan pelayanan KB yang merata serta berkualitas sebagai penguatan advokasi dan komunikasi, informasi dan edukasi, serta untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi penyuluh KB Kecamatan dalam program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di tingkat Kecamatan.

“Harapannya, Balai Penyuluhan KB Kecamatan Jogoroto ini dapat dioptimalkan pemanfaatannya oleh lintas sektor, penyuluh KB, kader maupun masyarakat dalam mendukung program Bangga Kencana di Kecamatan Jogoroto khususnya dan di Kabupaten Jombang umumnya”, tutur Nunik Camat Jogoroto.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *