Launching Batik Cekers dan Candimulyo Desa Berdaya 2021

batik cekers candimulyo
Pemotongan Pita oleh Wakil Bupati jombang Sumrambah tanda peresmian acara.

JOMBANG — Wakil Bupati Jombang Sumrambah menghadiri kegiatan Launching Desa Berdaya 2021 sekaligus launching Batik Cekers di Kantor Desa Candimulyo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Rabu (22/12/2021). Kehadiran rombongan Wabup Sumrambah disambut Seni Budaya Barongsai grup putra-putri Candi Mulyo.

Wabup Sumrambah dalam sambutannya setelah melihat Potensi Desa Candimulyo. Wabup Sumrambah yang telah melaunching Desa Berdaya 2021 dan Launching Batik Cekers semangat warga masyarakat Candimulyo yang terus mengapresiasi potensi lokal. Apa lagi keterampilan membatik yang sudah sejak lama vakum, kini “Batik Ceker’s” yang artinya cekatan bekerja di wujudkan kembali.

Bacaan Lainnya

“Kembangkan terus, jangan patah semangat untuk memperjuangkan Batik Cekers yang warisan pinisepuh atau para leluhur. Kita harus memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk agar dapat menghadapi persaingan pasar. Kualitas harus bagus, dan tetap terjaga, agar diminati pasar. Kepala Desa harus kreatif dan cepat. bergerak mencari terobosan untuk pemasarannya, agar Batik Ceker berkembang luas,” tandas Sumrambah Wakil Bupati Jombang.

Sufredo Herlan, Kepala Desa Candi Mulyo mengungkapkan bahwa “Batik Ceker”Desa Candi Mulyo sudah pernah ada di era 49 sampai era 70 tahun silam oleh seorang Tokoh Batik H. Muchtar Candimulyo, namun sekitar tahun 70an mulai tenggelam sampai sekarang. Dan kini ditahun 2O21 ini, warga Candimulyo, wajib untuk uri-uri Budaya memBatik yang pernah ada”, tutur Sufredo.

Hadir pada kegiatan Gelar Potensi Desa dan Launching Desa Berdaya 2021 serta launching Batik Ceker’s Candimulyo, Kepala Desa dan perangkatnya, Camat bersama Forkopimcam Jombang Kota, Tim Penggerak PKK, Organisasi Wanita, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat.(dka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.