Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-57 di Jombang

hari kesehatan di jombang
Pelepasan Burung Merpati Oleh Bupati Jombang dan jajaran SKPD di Jombang.

JOMBANG, WartaJombang.com — Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 tahun 2021 menjadi momentum untuk bersyukur sebab Kabupaten Jombang menjadi salahsatu Kabupaten yang berhasil menurunkan lonjakan kasus COVID-19. Ini disampaikan oleh Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab pada Puncak Peringatan HKN ke 57 di pendopo Kabupaten Jombang, Sabtu (27/11/2021).

Capaian penurunan kasus COVID-19 di Jombang yang saat ini statusnya sudah level 1, sebaiknya tetap menjadikan masyarakat Jombang tetap waspada. Apalagi penyebaran virus Corona memunculkan banyak varian yang tidak bisa diprediksi. Oleh karenanya, dibutuhkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan disetiap kegiatan dan peningkatan kapasitas 3T (testing, tracing, dan treatment), serta pelaksanaan vaksinasi COVID-19, tutur Bupati Mundjidah Wahab dalam sambutannya.

Bacaan Lainnya

Dalam agenda yang juga dihadiri Forkopimda, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Para Kepala OPD terkait, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah maupun Rumah Sakit Swasta se Kabupaten Jombang, Para Ketua Sekolah Tinggi Kesehatan se Kabupaten Jombang, Pimpinan Klinik Kesehatan dan Apotek se Kabupaten Jombang, Pimpinan Organisasi Profesi, Pimpinan BPJS Kesehatan Cabang Jombang, Pimpinan Cabang Perbankan,  Kepala Puskesmas se Kabupaten Jombang itu,  ada yang hadir langsung di Pendopo, ada jug yang mengikuti secara virtual. Baik perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, para nakes di Puskesmas Wonosalam, jajaran nakes di RSI Jombang, serta dari Klinik Mata Mojoagung.

Lima puluh tujuh tahun bukanlah usia yang singkat. Banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih, namun saat ini dan ke depannya masih banyak kendala dan tantangan yang perlu kita hadapi bersama, berkolaborasi secara profesional yang dilandasi moral tetap harus kita kedepankan terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19 seperti yang kita alami saat ini, tambahnya.

HKN Ke 57 tahun 2021 mengambil tema “Sehat NegeriKu, Tumbuh IndonesiaKu” diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku pembangunan termasuk masyarakat umum dan khususnya para penggiat sektor kesehatan untuk terus bangkit dari kondisi pandemi COVID-19. Semoga rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat sehingga Indonesia bisa Kembali Sehat dan Kembali Tumbuh

Bupati berharap peringatan HKN ini dapat menguatkan kepatuhan kita menerapkan Protokol Kesehatan, meningkatkan target vaksinasi COVID-19, membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat untuk ikut bergotong royong dalam menyelesaikan pandemi COVID-19, dan memberikan apresiasi kepada para pihak yang telah memajukan pembangunan bidang Kesehatan. Peringatan HKN ke-57 di tahun 2021.

“Marilah peringatan HKN Ke 57 kita jadikan sebagai momentum penyatuan tekad dan semangat sehat negeriku tumbuh Indonesiaku, sehat negeriku tumbuh Jombangku untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia, sekaligus sebagai pengingat, edukasi serta menumbuhkan partisipasi masyarakat agar berperan aktif dalam upaya kesehatan, kita jadikan sebagai pendorong penguatan fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) dalam upaya kesehatan promotif dan preventif.

Sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di era adaptasi kebiasaan baru, meningkatkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat bersama bergotong-royong seluruh komponen bangsa baik Pemerintah Pusat dan Daerah, akademisi, para tokoh, media massa, swasta/dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, praktisi serta masyarakat umum turut ambil bagian dalam mendukung menyelesaikan pandemi COVID-19, sehingga terwujud masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat serta mau menerapkan gerakan hidup sehat pada masa pandemi COVID-19 di tatanan keluarga, institusi pendidikan, institusi pelayanan kesehatan, tempat-tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jombang ini juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, lintas sektor serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah disemua lini dalam melaksanakan pembangunan kesehatan sebagai sebuah perjuangan untuk selamatkan bangsa dari pandemi COVID-19 dan mewujudkan Jombang semakin sehat dan tumbuh menjadi bangsa besar yang kuat.

Berdialog secara Virtual dengan para nakes yang ada di Wonosalam, RSI Jombang dan Klinik Mata Mojoagung. Bupati menanyakan Capaian vaksinasi, kendala yang dihadapi dalam pelayanan kesehatan, serta memotivasi para nakes untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

Puncak  Peringatan HKN ke 57 di Kabupaten Jombang ditandai oleh Bupati Jombang bersama Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Wiwin Sumrambah, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Jombang bersama jajaran insan Kesehatan di Kabupaten Jombang melepaskan 57 burung merpati. Para nakes juga menggelar senam pagi didepan Pendopo dan bagi bagi doorprize, serta rangkaian kegiatan beberapa hari sebelumnya seperti Workshop Kesehatan, dan Bakti Sosial.

Pada kesempatan tersebut Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyerahkan piagam penghargaan kepada RSUD Kabupaten Jombang, yang berhasil menjadi Rumah Sakit Berkomitmen Terbaik  dalam program JKN Th 2021 Tingkat Nasional Kategori Kelas B yang telah ditandatangani oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD, AAK.

Penyerahan Piagam Penghargaan Nakes Teladan Di Kabupaten Jombang Tahun 2021 yang diraih  ;

  1. dr. ROKHMAH MAULIDINA, M.Kes, kategori Dokter dari BLUD Puskesmas Cukir
  2. NUR AINI SRIDAYATI, A.Md. Kep, kategori Perawat, BLUD Megaluh
  3. QURRATU AKYUN, A.Md. Keb, Bidan, BLUD Blimbing Kesamben
  4. UMAYSYAROH, S.ST, kategori Laboratorium, BLUD Mojoagung

Penerimaan  penghargaan penilaian Kinerja Puskesmas tahun 2021 yang diraih ;

  1. Kepala BLUD Puskesmas Jatiwates penilaian Kinerja Puskesmas Terbaik kategori Puskesmas non rawat inap dengan nilai 92,04
  2. Kepala BLUD Puskesmas Tapen pemenang ke 1 penilaian Kinerja Puskesmas kategori puskesmas rawat inap dengan nilai 91,18
  3. Kepala BLUD Puskesmas Mojoagung pemenang ke 2 penilaian kinerja puskesmas kategori puskesmas rawat inap dengan nilai 88,69

Pemenang Lomba Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional Melalui Pemanfaatan Taman Obat Keluarga dan Akupresur Tahun 2021 berikut juaranya.

  1. Juara 1
    Kelompok Asman Asmandari Desa Ngampungan Kec. Bareng Binaan Puskesmas Bareng
  2. Juara 2
    Kelompok Asman Sekar Wangi Desa Japanan Kec.Gudo Binaan Puskesmas Blimbing Gudo
  3. Juara 3
    Kelompok Asman Alang Asri Desa Pojok Klitih Kec.Plandaan Binaan Puskesmas Plandaan

Perlu diketahui Kelompok Asman Asmandari yang mewakili Kabupaten Jombang di tingkat Provinsi mendapatkan Juara 3 Tingkat Provinsi.

Penyerahan Hadiah Lomba Video Kreatif;

  1. Puskesmas Pulorejo
  2. Polindes Randuwatang (Bidan Windy )
  3. RSI Jombang

Pemenang Lomba Karaoke;

  1. Rumah Sakit Umum Daerah Jombang (Galang)
  2. Puskesmas Pulorejo (Asma’ul Chusnah)
  3. RSI Jombang (Dewi Nur Fatmala)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *