Studi Banding Wabup Sumenep Ke Jombang Siap Pengembangan Produk UMKM

sumenep jombang
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat melihat hasil produksi UMKM asal Sumenep.

JOMBANG, WartaJombang.com — Kunjungan Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah, SH, MH. M.Pd.l beserta rombongan yang tengah melakukan Study Banding Pelaku Usaha Mikro Kecil di Kabupaten Jombang, disambut dan diterima langsung oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, yang didampingi Pj. Sekda, Senen S.Sos, MSi, Asisten 2, Ilham Hero Koentjoro, Kepala OPD terkait, Kabag. Perekonomian, Camat dan Asosiasi Pengusaha Kerajinan Jombang serta Pengusaha Makanan dan minuman di ruang Swagata Pendopo Pemkab Jombang, Jumat (12/11/2021).

Disampaikan oleh Hj. Dewi Khalifah, Bupati Sumenep bahwa dirinya bersama rombongan dari Kabupaten Sumenep siap berbagi dan siap berkolaborasi dalam rangka untuk Peningkatan dan Pengembangan Bagi Pelaku Usaha dalam mengembangkan Produk UMKM Tahun 2021 ke Kabupaten Jombang. “Di 2 tahun pertama ini kami ingin fokus UKM bisa naik kelas. Sehingga membuka peluang pasar baik itu lokal, regional nasional maupun internasional”, pembuka sambutannya.

Bacaan Lainnya

Berbagai produk dari kedua Kabupaten dipajang pada pertemuan tersebut. Baik dari Kabupaten Sumenep yang rata-rata menyajikan produk dari potensi sumber daya pertanian dan hasil lautnya, seperti teripang, ikan layang, lorjuk dan tengiri. Produk yang sudah merambah pasar ekspor. Karena dalam kemasannya sudah tercantum dalam 3 bahasa.

Saya bersama rombongan ke kabupaten Jombang ini untuk belajar dalam rangka mengembangkan UMKM. Di Jombang ini saya lihat ada produk kripik tempe, pisang, samiler, jenang kelapa muda dan lainnya juga memiliki produk kerajinan. Kami di sini ingin belajar terkait IKM yang ada di Jombang,” tulisnya.

Dewi, menandaskan bahwa Sumenep siap bersinergi, berkolaborasi, saling berbagi, membantu pemasaran. Sebab produk Sumenep sudah ada yang berjalan dengan lancar menembus pasar Dubai.

“Untuk itu, kami membawa beberapa sampel produk yang nanti kita bisa saling berkolaborasi. Mudah-mudahan silaturahim kami akan terus berlanjut dan akan menjadi sebuah hubungan kerjasama yang saling menguntungkan terutama untuk para UKM kita,” harapnya.

Dalam Study Banding di Kabupaten Jombang, Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah, SH, MH. M.Pd.l dan rombongan juga akan melakukan kunjungan ke Sentra Aneka Camilan, ke Sentra Kerajinan Manik-manik, Rumah Produksi Pembuatan aneka Dodol dan Frozen Food yang ada di Kabupaten Jombang. Tidak hanya itu rombongan dari Sumenep ini juga akan mengunjungi Wisata Desa UMKM Kayangan, dan Wisata Desa Kopi Wonosalam.

Sementara itu, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab juga menyampaikan produk UMKM yang ada di Jombang. Diantaranya Jombang produk susu perah yang dihasilkan dari wilayah Wonosalam. Selain susu perah juga ada kopi dan durian.

“Kami akan melayani apa yang diinginkan Wakil Bupati Sumenep dan rombongan untuk belajar membuat dodol, ada pula yang dibuat atau diproduksi dari buah salak, dodol dari kelapa, dodol madu mongso dan masih banyak produk IKM lainnya. Untuk kerajinan kita ada batik, dan juga manik-manik asli Gudo yang juga sudah merambah pasar ekspor”, tutur Mundjidah Wahab Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jombang.

Disebutkan juga oleh Bupati bahwa Kabupaten Jombang juga memiliki pabrik pakan ternak dari bahan baku jagung. Sampai hasil produksi jagung dari Kabupaten Jombang sendiri tidak mengatasi untuk memproduksi pakan ternak tersebut. Tidak hanya itu, Bank Jombang Banknya Kabupaten Jombang juga turut mendukung permodalan bagi pelaku usaha melalui Kredit Usaha Daerah. Mereka yang tidak mendapatkan KUR dari perbankan akan dibantu oleh Kurda dari Bank Jombang. Semua ini dalam rangka untuk meningkatkan atau meningkatkan perekonomian di Kabupaten Jombang, pungkas Bupati Mundjidah.(aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *