Pj Bupati Jombang Buka Pembukaan Pekan Olahraga Lingkup Pemkab Jombang

pj bupati jombang
Penampilan salah satu peserta Pekan Olahraga di Lingkup Pemkab Jombang . (istimewa)

WartaJombang.com — Pembukaan Pekan Olahraga (POR) Kabupaten Jombang dalam rangka memperingati HUT Ke−79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di lingkup pemerintah Kabupaten Jombang tahun 2024. Kegiatan tahunan yang kali ini mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” ini digelar di lapangan Pemkab Jombang, Kamis (1/8/2024) pagi.

Kegiatan yang digelar selama sepekan ini diikuti oleh seluruh OPD lingkup Pemkab Jombang. Mereka kompak dan penuh semangat kebersamaan menyemarakkan kegiatan POR yang dibuka oleh Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo, yang hadir bersama Ketua DPRD, segenap Forkopimda, para Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang, Camat, para istri Forkopimda.

Bacaan Lainnya

Mengawali pembukaan kegiatan ini, sekaligus menjadi momentum Pencanangan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih.

Disampaikan oleh Pj Bupati Jombang Narutomo bahwa sebagaimana tema yang diusung tahun 2024 ini, tersirat tiga masa transisi penting yang terjadi di Republik Indonesia, yaitu menyongsong Ibu Kota Baru, pergantian Pemimpin, serta Indonesia Emas 2045.

“Oleh karena itu, kita harus menyambut perubahan ini dengan semangat dan tekad yang kuat, bersatu dalam membangun masa depan yang lebih baik. Setiap fase transisi ini membawa tantangan sekaligus peluang yang memerlukan partisipasi aktif dan kolaborasi dari seluruh lapisan masyarakat”, tuturnya.

Mas PJ juga berpesan, untuk menjadikan kegiatan pekan olahraga di lingkup Pemkab Jombang ini sebagai ajang silaturahmi dari berbagai unit kerja.

“Bukan kemenangan yang menjadi tujuan utama dalam perlombaan ini, melainkan sikap dan jiwa sportivitas serta semangat kebersamaan yang harus kita junjung tinggi. Mari kita terapkan semangat “mens sana in corpore sano” dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat sebagai pendorong untuk membangun Jombang yang kita cintai bersama”, pesannya.

Momentum setahun sekali menyambut perayaan HUT Ke 79 Proklamasi Kemerdekaan RI ini bagi karyawan karyawati Pemerintah Kabupaten adalah pekan untuk melepaskan kepenatan dari tugas rutin, akan tetapi dengan tetap tidak mengganggu dan meninggalkan tugas-tugas yang mendesak atau penting sifatnya, terutama yang terkait dengan pelayanan publik.

“Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan jiwa korsa diantara kita semua, sehingga tidak ada jarak dan sekat yang mengganggu hubungan dan aktivitas kita dalam bekerja, baik antar perangkat daerah, unsur pimpinan, maupun staf. Hindari hal-hal yang menyebabkan terjadinya konflik dalam bertanding, tampilkan potensi olah raga yang terbaik dari masing-masing unit kerja”, tambahnya.

Pj Bupati Jombang yang juga gemar berolahraga ini, mengingatkan akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan yang menjadi tanggung jawab bersama. Mas PJ Bupati mengajak untuk mendukung pengurangan sampah melalui pelaksanaan program Jombang Resik (reduksi sampah mulai dari kita).

“Mulai hari ini saya mewajibkan seluruh karyawan/karyawati di lingkup pemkab Jombang untuk membiasakan menggunakan tumbler (botol minum) setiap hari. Masing-masing perangkat daerah juga harus melakukan internalisasi kebijakan tersebut, termasuk menyediakan galon kemasan isi ulang “Tiber” dari PDAM Tirta Kencana Jombang”, pungkasnya.

Kebijakan ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai dan menanamkan kesadaran lingkungan di kalangan pegawai pemerintah.

Berbagai jenis lomba yang langsung digelar pada hari pertama Pembukaan diantaranya lomba voli kehormatan yang diikuti oleh Pj Bupati Jombang bersama Forkopimda dan Kepala Perangkat Daerah.

Sementara lomba lainnya diantaranya tarik tambang, terompah/ bakiak panjang, egrang, balap karung, gobak sodo, dagongan, juga akan dirangkai dengan sepeda sehat. (pras/far)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *