Pemkab Jombang Gelar Doa Lintas Agama dan Tasyakuran HUT ke 77 Kemerdekaan RI

lintas agama
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat menghadiri doa lintas agama dan tasyakuran di Pendopo Kabupaten Jombang.

WartaJombang.com — Pemerintah Kabupaten Jombang gelar Malam Tasyakuran Doa Lintas Agama dalam rangka menyambut HUT Ke 77 Kemerdekaan RI di Pendopo, pada Selasa (16/8/2022) malam.

Diawali dengan Istighosah yang dipimpin KH. Masduki Abdurahman Al Hafidz dilanjutkan dengan Doa Bersama Lintas Agama yang dipimpin oleh para pemuka Agama yang diawali dari Agama Khonghucu oleh Taojin Eric Huggie Irawan; Agama Hindu oleh Pandita Juwadi; Agama Budha oleh Upasakha Pandita Subiyanto Yap; Agama Katolik oleh Romo Fransiskus Xaverius Prathama Adi; Agama Kristen oleh Pendeta Paulus Herry Soesanto dan diakhiri oleh Agama Islam oleh Ketua Umum MUI Jombang Romo Kyai Cholil Dahlan.

Bacaan Lainnya

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh para tokoh agama yang di dampingi Forkopimda. Potongan tumpeng diserahkan kepada Bupati Jombang juga Wakil Bupati Jombang.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Jombang, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Jombang; Sekretaris Daerah beserta Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang; Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD dan Ketua Fraksi juga tampak hadir. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jombang; Organisasi Wanita, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, dan para veteran/pejuang perintis Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Jombang untuk senantiasa bersyukur, karena Rahmat dan Ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, acara malam Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 Pendopo Kabupaten Jombang dapat berjalan dengan khidmat.

“Kemerdekaan Bangsa Indonesia adalah anugerah besar dari Allah SWT yang harus dirawat dan dijaga sampai akhir masa”, tutur Bupati Mundjidah Wahab menyambut sambutannya.

Bupati Mundjidah Wahab mengajak untuk menjadikan malam tasyakuran sebagai momentum untuk menghargai segala upaya yang telah dilakukan dalam mewujudkan negara merdeka, berdaulat, adil, dan makmur. Yang mana semua itu adalah hasil jeri payah dan perjuangan seluruh komponen bangsa dalam suatu perjalanan sejarah yang panjang dan melelahkan, namun penuh dengan makna.

“Saya juga menambahkan rasa syukur atas nikmat renungan yang telah diberikan dalam upaya dan pertimbangan diri. Karena inilah pertimbangan kita untuk memperbaiki sikap dan tindakan kita ke depan. Dengan introspeksi, kita akan memetik hikmah, meninggalkan hal-hal yang tidak baik, serta melanjutkan yang sudah baik, dan bersyukur, karena ternyata masih ada potensi yang besar untuk melanjutkan perjuangan bangsa. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kembali untuk membangkitkan rasa nasionalisme kita sebagai rakyat indonesia yang telah dianugerahi Kemerdekaan oleh Allah SWT ini”, tandas Bupati Mundjidah Wahab.

Menurutnya, yang harus dibangun dan ditanamkan bersama dalam diri setiap anak bangsa adalah mencintai negeri, mengabdikan pengabdian, bekerja membahagiakan saudara, membangun sikap berbagi dan gemar membantu serta membantu membantu sesama.

Disebutkan Bupati Jombang bahwa tema peringatan hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 adalah “Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat”. Tema tersebut dilatarbelakangi karena selama dua tahun lebih Indonesia menghadapi tantangan pandemi covid-19, yang mana hal ini menimbulkan kecemasan sosial serta tekanan ekonomi pada rakyat Indonesia

Selain itu, tema tersebut juga berkaitan dengan refleksi hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 akan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang tanpa pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi tantangan.  

“Kepada para pemuda dan pelajar Jombang, saya berharap terus belajar giat mengembangkan kemampuan diri dan kecerdasan tanpa merusak diri dengan hal-hal negatif, minuman keras apalagi narkoba”, pesannya.

Terwujudnya visi bersama mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing menuntut peran serta seluruh pihak, oleh karena itu, saat ini kita harus bersinergi dengan langkah dalam mewujudkan masyarakat”, katanya.

“Melalui momentum ini saya berharap kemerdekaan serta wujud apresiasi atas yang kita peroleh dapat sama-sama kita representasikan melalui peran serta kita dalam turut membangun Kabupaten Jombang, karena dengan sumbangsih sekecil apapun sesuai peran dan fungsi kita, akan menjadi kontribusi yang luar biasa bagi kemajuan Kabupaten Jombang kedepan”, tutur putri Pahlawan Nasional KH. Wahab Hasbullah ini.(aan/pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *