Membuka JKF 2022, Gubernur Jatim Kunjungi Stand Dinas Kominfo Jombang

jkp
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawangsa di stand Dinas Kominfo Jombang.

WartaJombang.com — Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jombang ambil bagian dalam Jatim Kominfo Festival (JKF) 2022. Acara yang berlangsung empat hari mulai Senin (25/7/22) hingga Kamis (28/7/22) di Balai Kota Among Tani, Kota Batu ini dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Jatim Kominfo Festival 2022 ini mengambil tema Optimis Jatim Bangkit dengan Akselerasi Transformasi Digital. Pembukaan JKF 2022 acara diawali dengan pemberian santunan anak yatim oleh Gubernur Jatim. Selanjutnya pagelaran Tarian Suko Syukur dari Sanggar Tari Tribuana Binaan Budpar Batu. Kemudian Gubernur terdekat untuk pembukaan JKF 2022 dengan memukul kenthongan secara bersama.

Bacaan Lainnya

Selain tuan rumah Walikota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakil Walikota Punjul Santoso, juga tampak hadir Bupati/Walikota se-Jatim, termasuk Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab Kepala OPD Provinsi Jatim, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Kepala Dinas Kominfo Provinsi se-Indonesia, jajaran Forkopimda Batu, serta peserta dari Dinas Kominfo seluruh Provinsi Jawa Timur dan tamu undangan.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jatim Hudiono dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Jatim Kominfo Festival (JKF) dilatarbelakangi dengan komunikasi dan informasi publik yang menjadi tulang punggung utama institusi pemerintah sebagai keberhasilan program pemerintah.

Saat ini, lanjut Hudiyono masyarakat menginginkan informasi yang tepat dan cepat yang berkaitan dengan program pemerintah yang dekat dengan masyarakat. Untuk itu saat ini pemerintah terus berbenah diri untuk meningkatkan percepatan informasi. Beberapa di antaranya melalui media online dan media sosial sebagai saluran percepatan informasi.

Dengan adanya TV analog ke siaran TV digital menjadi ruang besar untuk melakukan komunikasi publik sekaligus meningkatkan literasi digital.

“JKF merupakan transformasi dari Pekan KIM. dengan inovasi di bidang komunikasi dan informatika khususnya pemerataan infrastruktur TIK,” ungkapnya Senin (25/7/2022) malam.

Jatim Kominfo Festival 2022 diharapkan mampu menjadi etalase bagi kemajuan komunikasi seperti memperluas digital melalui jaringan. Dengan maksud dan tujuan untuk meluncurkan inovasi komunikasi publik, teknologi, serta pengelolaan data statistik. Tujuannya, menyajikan informasi murah dan mudah di akses sebagai diseminasi publik melalui konten positif yang mengungkit ekonomi lokal.

“Kegiatan ini bersamaan dengan rangkaian kegiatan seperti workshop, rakor ataupun kegiatan kominfo lainnya,” pungkasnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengatakan, materi Jatim Kominfo Festival 2022 sangat banyak. Sehingga harus diurai, diurai dan disiapkan karena berkaitan dengan startup. “Berapa target startup di Jatim dan ekosistem digital untuk UKM kita,” tandasnya.

Prediksi Jack Ma, Kata Gubernur, di 2030 yang disampaikan melalui World Economic Forum backbone (tulang punggung) ekonomi dunia 80 persen pada UMKM. UMKM di dunia 80 persen bakal jadi e-commerce dan 99 persen bakal online.

“Bagaimana kita menghadapi digital untuk UKM, mengapa diperlukan penguatan? Karena 57,81 persen kontribusi PDRB di Jatim dari sektor UMKM,” tandasnya.

Maka, pola dalam pengembangan startup Diperlukan. Tugas pemerintah untuk menjaga, mengawal dan merealisasikan transformasi digital. Bahwa, transformasi informasi yang menjaga dan mengawal kesatuan RI. Untuk itu, Gubernur berharap terbangunnya kolaborasi satu dengan yang lain yang saling menguatkan.

“Untuk itu kita perlu konten positif yang membangun, produktif, dan semangat harus ditingkatkan. Semoga kita semua bisa menjaga sinergitas dari seluruh elemen strategi di Jawa Timur,” pungkas Gubernur.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi stand pameran Dinas Kominfo Kabupaten Jombang disambut langsung oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jombang Budi Winarno. Kegiatan tersebut langsung melalui live streaming di Channel YouTube Jombangkab TV.

Pemerintah Kabupaten Jombang menampilkan berbagai inovasi aplikasi layanan masyarakat. Serta siapkan untuk podcast.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan Jatim Kominfo Festival tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, pada tanggal 25 hingga 28 Juli 2022 di Kota Batu.

Disampaikan Bupati Mundjidah Wahab ajang JKF 2022 sekaligus sebagai kompetisi inovasi dan kolaborasi guna meningkatkan daya saing, serta peran strategi Dinas Komunikasi Informatika, terutama terkait big data, di tengah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi global.

“Semoga seluruh rangkaian kegiatan Jatim Kominfo Festival 2022, berjalan sesuai tujuan dan memberikan manfaat bagi masyarakat Jawa Timur,” pungkasnya. (aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *