Peristiwa

Pakai Centeng, Proyek Swakelola Jalan Nasional di Jombang Diduga Dipihak Tigakan

WartaJombang.com — Proyek drainase Jalan Nasional yang terletak di Jalan Basuki Rahmad tepatnya di Barat Stasiun Jombang diduga dikerjakan pihak ketiga.

Informasi yang di himpun wartajombang.com , proyek yang seharusnya di kerjakan swakelola tersebut malah diduga dipihak ketigakan. Pasalnya, saat tim mendatangi lokasi proyek malah di temui oknum aparat penegak hukum yang mengaku menjaga proyek tersebut.

Sementara itu, dilokasi proyek tidak ada satupun informasi berkenaan dengan proyek tersebut. Mulai dari Papan Proyek hingga anggaran proyek pun tidak dipasang di lokasi yang mana jelas melanggar undang-undang keterbukaan informasi publik.

Dari pantauan dilokasi terlihat proyek drainase yang sebelumnya sudah ada saluranya tersebut diperlebar. Hingga saat ditanya salah satu pekerja mengaku jika pondasi proyek sebesar 40 cm namun dilokasi diduga tidak sesuai gambar.

Menanggapi hal tersebut, Hendro Suprasetyo selaku ketua LSM GeNaH menjelaskan celah indikasi permainan di proyek swakelola. Menurutnya, permainan upah pekerja sangatlah rawan terjadi hingga di pihak ketigakan untuk memunculkan fee.

“Menurut temuan yang sering kami temui, dugaan permainan proyek swakelola terjadi pada upah pekerja, sering terjadi upah pekerja tidak sesuai dengan pagu yang di anggarkan, itu bisa di buktikan dengan pengakuan dari pekerja dan di cocokan dengan LPJ proyek,” jelas Hendro, Senin (27/2).

“Selain itu, permainan yang sering terjadi, pada RUP atau KAK metode pekerjaan Swakelola, namun pada prateknya di pihak ketigakan diduga untuk memunculkan fee,” tambahnya.

Memperjelas persoalan tersebut, masih Hendro, pihaknya akan berkirim surat ke pihak terkait menanyakan informasi proyek tersebut agar dapat ditindaklanjuti lebih lanjut.

Sampai berita ini diterbitkan, kami masih belum bisa mengonfirmasi kepada pihak terkait proyek. Kami akan terus berupaya melakukan konfirmasi terhadap kejelasan proyek tersebut. (aan/pras)

Recent Posts

Incumbent Berpeluang Lanjut Dua Periode Pada Pilkada Jombang 2024

Warta Jombang -- Pilkada Jombang 2024, Incumbent masih berpeluang untuk melanjutkan progres pembangunannya di Kabupaten Jombang. Hal itu disampaikan Wakil… Read More

2 minggu ago

Hak Jawab, Manajer Afco: Kami Tidak Menjual Produk Kedaluarsa dan Tidak Berizin

Warta Jombang -- Pihak Afco Fresh menepis atas hasil temuan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jombang yang telah melakukan… Read More

4 minggu ago

TPID Jombang Temukan Mamin Kedaluarsa dan Tak Berizin Saat Sidak Sambut Hari Raya Idul Fitri 2024

Warta Jombang -- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) lakukan Inspeksi medadak (sidak) makanan dan minuman (mamin) sambut Idul Fitri 2024… Read More

4 minggu ago

Perhutani KPH Jombang Gelar Doa Bersama Peringati Hari Jadi Perhutani Yang ke 63 Tahun

Warta Jombang -- Perhutani KPH Jombang (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Peringati Hari Jadi ke 63 jatuh pada tanggal 29 Maret 2024,… Read More

4 minggu ago

Polres Jombang Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Tetapkan Dua Tersangka

Warta Jombang -- Polres Jombang memusnahkan barang bukti berupa ribuan botol miras setelah melakukan penggrebekan pada tempat karaoke berkedok cafe… Read More

4 minggu ago

Polres Jombang Berhasil Amankan 1.650 Botol Miras dan 7 Penjual

Warta Jombang -- Polres Jombang mulai getol memberantas peredaran minuman keras (miras) dengan membentuk Timsus Saber Miras. Selama 2 hari… Read More

1 bulan ago