Peristiwa

Bupati Mundjidah Membuka Seminar Nasional di Universitas Darul Ulum Jombang

WartaJombang.com – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab membuka Seminar Nasional “Penguatan Perekonomian Desa Melalui Pemberdayaan UMKM yang diselenggarakan oleh Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Selasa (1/3/2022).

Dalam sambupatanya Bupati Mundjidah mengapresiasi penyelenggaraan Seminar yang diselenggarakan karena dianggap mampu memberikan motivasi dan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi serta mampu bangkit di tengah pandemic.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan seminar nasional ini. Apa yang dilakukan ini merupakan wujud nyata Universitas Darul Ulum, salah satu bentuk  agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yaitu salah satu ikhtiar bagaimana untuk mencari solusi dalam rangka penguatan perekonomian desa melalui pemberdayaan UMKM. Yakni untuk membantu para pelaku UMKM mendapatkan motivasi dan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi serta mampu bangkit di tengah pandemi”, tutur Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Peran usaha mikro, kecil dan menengah sangat besar ketika Indonesia mengalami krisis ekonomi yang berkepanjangan. Usaha mikro, kecil, dan menengah merupakan salah satu solusi usaha yang tepat untuk tetap bertahan dalam menghadapi krisis karena sanggup menjangkau lapisan masyarakat dari golongan ekonomi menengah sampai golongan ekonomi lemah dan dapat menciptakan lebih banyak kesempatan kerja.

Krisis ekonomi yang dialami UMKM tanpa disadari dapat menjadi ancaman bagi perekonomian nasional. Oleh karena itu, pembinaan dan bantuan untuk pelaku UMKM dimasa pandemi perlu menjadi perhatian kita semua, tambahnya.

Mari kita ikuti seminar nasional ini dengan sungguh-sungguh, agar bisa menambah wawasan kita semua. Saya berharap, seminar ini dapat memberikan solusi dengan strategi yang tepat kepada pelaku UMKM, untuk belajar tentang bertahan dalam bisnis pada masa pandemi, sehingga nantinya bisa berimplikasi pada bangkitnya perekonomian desa yang merupakan salah satu faktor penting pendukung bangkitnya perekonomian nasional”, pungkas Bupati Mundjidah Wahab.

Dr. H. Amir Maliki Abitolkha, M. Ag, Rektor Universitas Darul Ulum juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab beserta para Keynot Speaker yang merupakan alumni Undar. Juga seluruh undangan dan peserta seminar.

Penyelenggaraan seminar penguatan perekonomian desa melalui pemberdayaan UMKM ini bertujuan untuk memberi sudut pandang terkait langkah-langkah strategis bagi para pelaku UMKM yang terkena dampak, maupun orang-orang yang kehilangan pekerjaan dan ingin memulai usaha di masa pandemi ini.

“Kami sangat bersyukur dan mengapresiasi kinerja semuanya dari kegiatan ini. Semoga ini menjadi starting points bagi Undar dalam rangka mengembangkan tradisi akademik, belum pada budaya akademik. Namun demikian kegiatan ini harus kita kembangkan secara terus menerus”, tutur Rektor Universitas Darul Ulum.

Keynot Speaker dari kegiatan Seminar Nasional Penguatan Perekonomian Desa Melalui Pemberdayaan UMKM diantaranya Bupati Blora H. Arif Rohman, S.IP, M.Si, Wakil Bupati Sumbawa Barat yaitu Fud Saifudin, S.T, dan Agung Heri Susanto Ketua Apdesi Jawa Tengah.

Sebelum seminar nasional di mulai juga dilakukan Penandatanganan MOU antara Universitas Darul Ulum dengan Bank Jatim, Pemerintah Kabupaten Blora, Sumbawa Barat dan Apdesi Jawa Tengah.

Selanjutnya Bupati Mundjidah Wahab didampingi Pimpinan Bank Jatim dan Rektor Universitas Darul Ulum melaunching Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Kerjasama Universitas Darul Ulum dengan Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur dan Bank Jatim.(aan)

Recent Posts

Incumbent Berpeluang Lanjut Dua Periode Pada Pilkada Jombang 2024

Warta Jombang -- Pilkada Jombang 2024, Incumbent masih berpeluang untuk melanjutkan progres pembangunannya di Kabupaten Jombang. Hal itu disampaikan Wakil… Read More

2 minggu ago

Hak Jawab, Manajer Afco: Kami Tidak Menjual Produk Kedaluarsa dan Tidak Berizin

Warta Jombang -- Pihak Afco Fresh menepis atas hasil temuan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jombang yang telah melakukan… Read More

3 minggu ago

TPID Jombang Temukan Mamin Kedaluarsa dan Tak Berizin Saat Sidak Sambut Hari Raya Idul Fitri 2024

Warta Jombang -- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) lakukan Inspeksi medadak (sidak) makanan dan minuman (mamin) sambut Idul Fitri 2024… Read More

4 minggu ago

Perhutani KPH Jombang Gelar Doa Bersama Peringati Hari Jadi Perhutani Yang ke 63 Tahun

Warta Jombang -- Perhutani KPH Jombang (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Peringati Hari Jadi ke 63 jatuh pada tanggal 29 Maret 2024,… Read More

4 minggu ago

Polres Jombang Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Tetapkan Dua Tersangka

Warta Jombang -- Polres Jombang memusnahkan barang bukti berupa ribuan botol miras setelah melakukan penggrebekan pada tempat karaoke berkedok cafe… Read More

4 minggu ago

Polres Jombang Berhasil Amankan 1.650 Botol Miras dan 7 Penjual

Warta Jombang -- Polres Jombang mulai getol memberantas peredaran minuman keras (miras) dengan membentuk Timsus Saber Miras. Selama 2 hari… Read More

1 bulan ago