Peristiwa

Sebagai Ungkapan Syukur, Warga Desa Kedungbetik Kesamben Gelar Sedekah Bumi

WartaJombang.com — Dalam bentuk rasa syukur terhadap Tuhan yang telah memberikan nikmat yang begitu berkah di kehidupan, Warga Dusun Sidowengku, Desa Kedungbetik, Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang Gelar Sedekah Bumi, Jum’at (17/03).

Melestarikan budaya atau tradisi leluhur berupa sedekah bumi yang hingga saat ini masih digelar di sejumlah wilayah. Acara sedekah bumi menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan kebersamaan dan gotong royong antar warga.

Seperti Halnya yang dilakukan oleh Warga Dusun Sidowengku, Desa Kedongbetik, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang. Ratusan Warga Guyup menggelar Sedekah Desa, guna ungkapan rasa terimakasih kepada Tuhan atas semua Rahmat dan Nikmat yang diberikannya.

Perihal itu sudah menjadi rutinitas warga untuk dilaksanakan tiap tahun. Dalam upacara tersebut warga membuat tumpeng raksasa yang bersusun sayuran dan buah-buahan, yang pasti semua hasil Bumi dari pertanian Masyarakat Dusun Sidowengku. Tumpeng tersebut diarak memutari kampung sambil melantunkan Sholawatan sesampai di obralkan dan dibuat rebutan warga.

Dalam Upacara Sedekah Desa, Warga Dusun Sidowengku juga menyembelih lima ekor kambing untuk disajikan buat makan bersama. Lebih meriahnya lagi, Masyarakat Dusun Sidowengku juga mengundang grup Musik Dangdut sebagai mana untuk hiburan buat warga setempat.

Upacara Sedekah Bumi tersebut juga Dihadiri oleh Babinsa, Kepala Desa Kedongbetik, beserta Jajarannya, para Tokoh Agama, dan semua Toko Masyarakat setempat.

Hal itu di ungkapkan oleh Sunaryo warga Dusun Sidowengku, salah satu selaku panitia Kirab Sedekah Desa. Ia juga mengatakan perihal Sedekah Desa tersebut sudah di laksanakannya berjalan dua sampai tiga tahun.

“Inti dari kegiatan pada malam hari ini ialah, pertama-tama tasyakuran dan arakan tumpeng hasil bumi para petani. Gemah ripa lojinawi. Sebagai mana sebuah ungkapan rasa syukur terhadap Allah SWT atas kelimpahan semua nikmat yang diberikan kepada kami warga Desa Kedongbetik Dusun Sidowengku,” papar Sunaryo kepada media, Kamis (16/01).

Dalam Hal Ini, Said Mashar selaku Kepala Desa Kedungbetik menanggapi. Ia sangat sepakat dan akan selalu mendukung, karena itu bagian dari keguyupan Masyarakat Desa setempat. “Ya kita Senang mengapresiasi, karena itu sebagaian bentuk kearifan lokal yang harus dilestarikan. Saya sangat sepakat mendukung, karena itu sebagaian dari bentuk keguyupan Masyarakat,” tutur Said Mashar. (fan/pras)

Recent Posts

Incumbent Berpeluang Lanjut Dua Periode Pada Pilkada Jombang 2024

Warta Jombang -- Pilkada Jombang 2024, Incumbent masih berpeluang untuk melanjutkan progres pembangunannya di Kabupaten Jombang. Hal itu disampaikan Wakil… Read More

1 minggu ago

Hak Jawab, Manajer Afco: Kami Tidak Menjual Produk Kedaluarsa dan Tidak Berizin

Warta Jombang -- Pihak Afco Fresh menepis atas hasil temuan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jombang yang telah melakukan… Read More

3 minggu ago

TPID Jombang Temukan Mamin Kedaluarsa dan Tak Berizin Saat Sidak Sambut Hari Raya Idul Fitri 2024

Warta Jombang -- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) lakukan Inspeksi medadak (sidak) makanan dan minuman (mamin) sambut Idul Fitri 2024… Read More

3 minggu ago

Perhutani KPH Jombang Gelar Doa Bersama Peringati Hari Jadi Perhutani Yang ke 63 Tahun

Warta Jombang -- Perhutani KPH Jombang (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Peringati Hari Jadi ke 63 jatuh pada tanggal 29 Maret 2024,… Read More

4 minggu ago

Polres Jombang Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Tetapkan Dua Tersangka

Warta Jombang -- Polres Jombang memusnahkan barang bukti berupa ribuan botol miras setelah melakukan penggrebekan pada tempat karaoke berkedok cafe… Read More

4 minggu ago

Polres Jombang Berhasil Amankan 1.650 Botol Miras dan 7 Penjual

Warta Jombang -- Polres Jombang mulai getol memberantas peredaran minuman keras (miras) dengan membentuk Timsus Saber Miras. Selama 2 hari… Read More

1 bulan ago