Ekonomi

Harga Cabai Anjlok, Petani di Jombang Mengeluh

PLABUHAN, WartaJombang.com — Fenomena turunya harga komoditi hasil partanian pada saat musim panen sudah menjadi momok di kalangan Petani di Kabupaten Jombang. Pasalnya, hal tersebut kembali terulang kepada harga cabai yang anjlok saat musim panen tiba.

Petani asal Desa Plahuhan Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang terancam merugi lantaran hasil panen cabai terusnya mengalami penurunan harga. Siswanto (40) salah satu petani mengaku kecewa dengan penurunan harga cabai yang sangat dratis.

Menurutnya, dalam selang satu hari penurunan harga mencapai Rp. 3.000 yang mana pada saat hari sabtu (16/10) harga masih Rp. 13.000, saat dirinya panen pada hari Minggu (17/10) harga sudah Rp. 10.000.

“Masak dalam selang satu hari saja menurunan mencapai Rp. 3.000, yang kemarin masih Rp. 13.000 sekarang hanya Rp. 10.000,“ keluh Siswanto, Minggu (17/10/21).

Ia mengaku mengalami kerugian jika harga cabai tidak mengalami kenaikan. Biaya produksi hingga perawatan sampai panen membutuhkan biaya yang banyak. Sementara itu, harga jualnya sangat murah.

“Sekarang loya, biaya dari sewa pengolahan sawah singga penanaman sudah mahal. Belum lagi biaya perawatan dan pupuk yang tidak sedikit, ya gak sumbut (tidak sesuai),” paparnya.

Hal serupa dialami Sugeng (53) warga setempat yang juga merugi dari dampak anjloknya harga jual cabai dari petani. Ia mengaku tidak tahu menahu yang mengakibatkan menurunan harga.

“Saya juga rugi, sebabnya apa saya tidak tahu. Apakah ada permainan tengkulak, petani seperti saya juga tidak tahu. Kataya harga cabai dipasar masih mahal,” tambahnya.

Ia berharap agar Pemerintah Kabupaten Jombang mampu menstabilkan harga cabai agar petani tidak terus merugi. Karena tanaman lainya seperti jagung diserang hamantikus.(pras/w2)

Recent Posts

Incumbent Berpeluang Lanjut Dua Periode Pada Pilkada Jombang 2024

Warta Jombang -- Pilkada Jombang 2024, Incumbent masih berpeluang untuk melanjutkan progres pembangunannya di Kabupaten Jombang. Hal itu disampaikan Wakil… Read More

2 minggu ago

Hak Jawab, Manajer Afco: Kami Tidak Menjual Produk Kedaluarsa dan Tidak Berizin

Warta Jombang -- Pihak Afco Fresh menepis atas hasil temuan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jombang yang telah melakukan… Read More

4 minggu ago

TPID Jombang Temukan Mamin Kedaluarsa dan Tak Berizin Saat Sidak Sambut Hari Raya Idul Fitri 2024

Warta Jombang -- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) lakukan Inspeksi medadak (sidak) makanan dan minuman (mamin) sambut Idul Fitri 2024… Read More

4 minggu ago

Perhutani KPH Jombang Gelar Doa Bersama Peringati Hari Jadi Perhutani Yang ke 63 Tahun

Warta Jombang -- Perhutani KPH Jombang (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Peringati Hari Jadi ke 63 jatuh pada tanggal 29 Maret 2024,… Read More

1 bulan ago

Polres Jombang Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Tetapkan Dua Tersangka

Warta Jombang -- Polres Jombang memusnahkan barang bukti berupa ribuan botol miras setelah melakukan penggrebekan pada tempat karaoke berkedok cafe… Read More

1 bulan ago

Polres Jombang Berhasil Amankan 1.650 Botol Miras dan 7 Penjual

Warta Jombang -- Polres Jombang mulai getol memberantas peredaran minuman keras (miras) dengan membentuk Timsus Saber Miras. Selama 2 hari… Read More

1 bulan ago